Berita

MAYOR POM EKO SELAMET WIDODO DANSATPOM LANUD SURYADARMA

Dibaca: 93 Oleh 16 Apr 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Mayor Pom Eko Slamet Widodo menjabat Dansatpom Lanud Suryadarma menggantikan Mayor Pom Dwi Wahyudi W yang akan bertugas di Puspomau Jakarta. Upacara serah terima jabatan dilaksanakan, Selasa (16/4) dengan Irup Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Eding Sungkana.   Mayor Pom Eko Slamet Widodo lulusan AAU tahun 2000 sebelumnya menjabat di Puspomau.

Dalam Sambutannya Komandan mengatakan pergantian jabatan Dansatpomau Lanud Suryadarma secara substansial adalah sebagai tindak lanjut dan kontinyuitas proses pembinaan personel. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong pembaruan semangat dan motivasi dalam penyegaran pemikiran dan peningkatan kinerja organisasi POMAU. Selanjutnya kata Komandan tugas Pom AU, untuk membina kemampuan dan penyelenggaraan fungsi pengamanan personel dan Alutsista TNI Angkatan Udara,penegakan tata tertib, disiplin dan hukum, maupun peraturan yang berlaku terhadap anggota dan untuk kepentingan TNI Angkatan Udara. 

Dikatakan penegakan hukum disiplin dan tata tertib oleh POM AU diselenggarakan secara independen, hal ini untuk menjamin adanya ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit TNI Angkatan Udara terhadap ketentuan serta aturan hukum yang berlaku, lanjutnya. 

Baca juga:  SEDIKIT TAPI BERMANFAAT

Fenomena aktual yang di hadapi sekarang ini, Komandan menilai bahwa semakin mengemukanya tuntunan masyarakat terhadap tegaknya supremasi hukum. “ Itu artinya bahwa hukum tidak boleh dijadikan alat penguasa untuk melegalisir segala tindakan yang justru menyimpang dari azas kepatuhan dan rasa keadilan” jelasnya . 

Sementara itu Komandan menegaskan lebih jauh tentang keadilan hukum menjadi sorotan pandangan masyarakat saat ini, sehingga jika Personel TNI Angkatan Udara dianggap menyimpang tindakannya dalam melaksanakan tugas, akan mendapat tuntutan hukum baik secara perorangan maupun institusi. 

Akhirnya kata Komandan upaya penegakan hukum dan Hak Azasi Manusia memang tidak mudah, hal ini tergantung bagaimana komitmen personel Polisi Militer sebagai bagian dari masyarakat yang hidup berdasar-kan atas hukum. “ Saya berharap landasan yang harus dipahami oleh penegak hukum, yang mampu menopang kewibawaan dan citra penegakan hukum adalah menjungjung tinggi “Human Dignity” serta mengedepankan kehalusan budi dan Nurani yang tanggap akan rasa keadilan (sense of justice” ). 

Untuk itu Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Eding Sungkana meminta kepada anggota Polisi Militer Angkatan Udara khususnya di Lanud Suryadarma dalam melaksanakan tugasnya harus bertanggung jawab dan tidak keluar dari garis prinsip legalitas, sehingga peran Satpom AU Lanud Suryadarma dapat berjalan secara maksimal dan optimal untuk melaksanakan tugas penegakan hukum dan ketertiban di jajaran Koopsau I. 

Baca juga:  RSAU Dr. Efram Harsana Lanud Iwj Laksanakan Akreditasi

Upacara diikuti personel Lanud Suryadarma, Wingdik Tekkal dan Kompi B Bs Paskhas. Hadir dalam acara tersebut Danwingdik Tekkal Kolonel Tek Sigit Priono GSC, S.IP., MSc, pejabat Lanud Suryadarma dan pejabat Wingdik Tekkal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel