Berita

Mayor Sus Ayie Supriyadi Jabat Kepala Muspusdirla

Dibaca: 39 Oleh 09 Apr 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Acara perhelatan Pisah sambut di gelar di Museum TNI AU Dirgantara Mandala, Senin (8/4). Acara Pisah sambut ini berkenaan dengan serah terima Jabatan Kepala Museum Dirgantara Mandala dari Letkol Sus Drs Sudarno kepada penggantinya Mayor Sus Ayie Supriyadi, SS yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu di Jakarta. Mayor Sus Ayie sebelumnya menjabat sebagai kasubsilisjarah Subdisjarah Dispenau dan selanjutnya Letkol Sus Drs. Sudarno akan menjabat sebagai Kasusdisjarah Dispenau Jakarta.

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala adalah merupakan Museum Pesawat terbang yang mempunyai koleksi pesawat dari Eropa barat dan Eropa Timur. Museum ini menyimpan 43 Koleksi pesawat.

Menurut catatan dari Badan Musyawarah Museum DIY, di Yogyakarta terdapat 38 dan terbagi dalam beberapa kategori, antara lain Museum Sejarah dan Perjuangan, Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Museum Budaya. Dengan beragam museum berarti pelancong yang berwisata ke Yogyakarta mempunyai banyak alternatif untuk menjatuhkan pilihan kunjungan ke salah satu museum. Mungkin salah satunya ke Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala, yang masuk ke dalam kategori Museum Sejarah dan Perjuangan.

Baca juga:  Asah Kemampuan, Personel Lanud Soewondo Laksanakan Latihan Menembak

Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala atau yang lebih membumi dengan sebutan Museum Pesawat Terbang ini terletak di komplek Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta. Menempati areal seluas 8765 m², museum kebanggaan warga TNI Angkatan Udara ini menampilkan 43 koleksi pesawat terbang. Koleksi pesawat terbang yang dipamerkan merupakan bagian dari kekuatan TNI Angkatan Udara yang dulu pernah ikut menjaga dirgantara Indonesia.

Selain koleksi pesawat terbang, museum juga memamerkan beberapa koleksi lain, seperti pakaian peninggalan pahlawan nasional dari TNI Angkatan Udara, diorama pembentukan dan peran TNI Angkatan Udara serta film video kedirgantaraan suguhan di Mini Teater.

Disela-sela usai acara Pisah Sambut Mayor Sus Ayie Supriyadi, SS M.Sc merupakan alumnus Sarjana SI Sejarah Padjajaran dan S2 Ketahanan Nasional UGM ini menyampaikan bahwa Meskipun Saya bukan orang asing di Museum TNI AU ini namun tetap meminta dukungan semua pihak dan segenap personel untuk menjadikan Museum ini tetap exist dan bermakna sebagai Tempat belajar dan berwisata sejarah.” Jelasnya saat acara pisah sambut.

Baca juga:  Peringatan Nuzulul Qur’an Di Lanud Balikpapan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel