Berita

“MEET IN THE AIR TNI AU – RSAF” SKADRON UDARA 16 LIBATKAN 4 PESAWAT

Dibaca: 0 Oleh 13 Okt 2021Tidak ada komentar
IMG 20211013 102422 336
#TNIAU 

TNI AU. 4 pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin mendukung Gelaran “Meet In The Air” antara TNI AU dan RSAF. Sementara RSAF melibatkan 5 pesawat tempur F-16 dari Squadron 143 Tengah Air Force Base, Singapura. Kesembilan pesawat tempur tersebut, melaksanakan terbang formasi dari pangkalan udara masing-masing menuju tempat pertemuan di training area Lanud Roesmin Nurjadin. Selasa (12/10/21).

Hal ini dilaksanakan untuk memperingati peringatan ke 40 tahun hubungan Angkatan Udara Indonesia dan Singapura.

Pada pertemuan di udara tersebut, dari kokpit pesawat F-16 yang di Piloti Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Andri Setyawan, S. T., MMOAS. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P menyapa CAF RSAF Major General Kelvin Boon Leong Khong dan menyampaikan ungkapan rasa senang dapat bertemu di udara menggunakan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Ungkapan Kasau tersebut disambut langsung oleh CAF RSAF dengan ungkapan yang sama.

“Selamat pagi pak Fadjar, Kami juga senang dapat berjumpa dan memperingati peringatan ke 40 ini dengan terbang bersama pada hari ini,” ujar Major General Kelvin Boon Leong Khong dari kokpit pesawat F-16.

Baca juga:  Prajurit Yonko 464 Mengikuti Ziarah Dalam Rangka HUT TNI

“40 tahun merupakan suatu pertanda bahwa hubungan angkatan udara kita sangat erat yang dapat ditunjukan kepada dunia,” sahut Kasau.

Pada dialog di udara tersebut, kedua pimpinan angkatan udara tersebut sepakat, momen terbang bersama ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh untuk generasi muda dalam memahami satu sama lain, dan akan mempererat hubungan antara kedua angkatan udara.

Pada saat pertemuan di udara  tersebut, 4 pesawat F-16 TNI AU dengan call sign Rydder flight dan 5 pesawat F-16 RSAF dengan call sign Rejoice flight bergabung di udara membentuk formasi mata panah “arrowhead formation” pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan air laut.

Pada saat “Arrowhead Formation” pesawat kedua Kepala Staf Angkatan Udara bergantian menjadi flight leader. Setelah itu, melaksanakan foto dengan latar Ikon kedua negara, yaitu Marina Bay Sands (Singapura) dan Jembatan Balerang Batam (Indonesia) pada ketinggian 1.000 feet.

Meet In The Air dan Terbang formasi 9 pesawat tempur F-16 ini merupakan rangkaian pelaksanaan latihan bersama Indopura XXI/21, sekaligus mengawali peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral antara RSAF dan TNI AU

Baca juga:  Santunan Anak Yatim dari Anggota Pusdiklat Paskhas

Setelah melaksanakan meet in the air dan terbang formasi, seluruh pesawat tempur F-16 kembali ke pangkalan udara masing-masing yang dilanjutkan dengan acara peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral RSAF-TNI AU secara virtual.

Elang Indopura XXI/21 antara RSAF-TNI AU merupakan latihan bersama rutin yang disepakati oleh kedua angkatan udara dengan tujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, latihan bersama yang dimulai sejak tahun 1980 ini, juga bertujuan melatih kemampuan skadron udara tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan bilateral antara RSAF dengan TNI AU.

Turut mendampingi sebagai “Back Seat” Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro, S.E. dan Para penerbang Skadron Udara 16 yaitu Mayor Pnb Eri Nasrul Mahlidar, Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, Mayor Pnb Anwar Sovie dan Mayor Pnb Nehemia Anang Wijaya.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel