Berita

Meet and Greet The Jupiters tandai misi ke Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2015

Dibaca: 16 Oleh 10 Mar 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Team aerobatic TNI AU kebanggaan Indonesia “The Jupiter Aerobatic Team” akan tampil di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2015., tanggal 17 s/d 21 Maret 2015 mendatang. Team JAT segera akan meluncur dan meninggalkan Bumi Maguwo.  Acara Pamitan dan doa restu ditandai juga dengan launching buku The Jupiters terbitan Periplus Press, Jakarta, di Ruang VIP Room, Base Ops Lanud Adisutjipto, Senin ( 9/3)

Sebelum acara pamitan dan minta doa restu dan peluncuran buku dilaksanakan ” Air show”  dari The Jupiters sebagai latihan terakhir sebelum berangkat ke Langkawi Malaysia. Sekitar 500 an lebih siswa sekolah dari mulai TK sampai dengan SMU/SMK  serta beberapa Komunitas Pecinta Dirgantara dibawah naungan ARC (Angkasa Readers Community), dan para wartawan baik dari media cetak maupun elektronik, diundang untuk menyaksikan Air Show tersebut dan dilanjutkan Meet and Greet dengan member The Jupiters. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan minat dirgantara di kalangan generasi muda selaras dengan slogan Lanud Adisutjipto “Cintailah Tanah Air dan Udara Indonesia”.

Baca juga:  Lanud Husein Sastranegara Peringati Tahun Baru Hijriyah

Pameran kedirgantaraan ini merupakan ajang strategis mempromosikan kemampuan produk-produk maritim dan kedirgantaraan, yang menargetkan pangsa pasar Asia Pasifik di bidang pertahanan. Kehadiran The Jupiters ke Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition ( Lima) sudah ketiga kalinya, pameran Internasioanal alutsista Maritim dan Dirgantara yang diselenggarakan 2 tahun sekali di Kota Langkawi, Malaysia.  Event ini merupakan Eksibisi terbesar di Asia Pasific, tidak hanya memfokuskan pada Industri pertahanan negara tapi juga didukung oleh industri industri Alutsista dari Sipil. 

Dalam pameran ini, The Jupiters Aerobatik Team (JAT) akan menampilkan manuver akrobatik udara dengan formasi, antara lain, Jupiter Roll, Loop, Clover leaf, Leader Benefit, Loop & Break Off, Jupiter Wheel, Tango to Diamond, Mirror, Screw Roll, Heart Manouver,  Roll Slide, Solo Spin& Knife Edge, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, Loop & Bomb Burst.

Formasi dari The Jupiters akan dipimpin oleh  Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai Leader di Jupiter 1, dimana masing-masing pesawat diawaki oleh Kapten Pnb Idam Satria Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Made Yogi Indra sebagai Left Wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Putu Sucahyadi sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Humaidi Syarief Romas di Jupiter 6.

Baca juga:  Target Zero Accident

JAT (Jupiter Aerobatik tim) merupakan kebanggaan Indonesia. Tim aerobatik sebuah negara merupakan salah satu indikator profesionalisme TNI AU, dengan memperkenalkan kepada dunia internasional tentang kemampuan tim aerobatik TNI AU sekaligus menunjukkan kepada dunia bangsa Indonesia memiliki putra-putra yang tidak kalah bersaing dalam kancah kedirgantaraan dunia.

Dalam misi ke LIMA tahun ini Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M.S.S bertindak sebagai Mission Comander  dibantu Kadispers Lanud Adisutjipto Letkol Pnb Arief Hartono sebagai Coordinator, dan Mayor Pnb HM Kisha sebagai Flight Director.  The Jupiters rencananya akan menyelesaikan misi dengan 174 sorties atau 222 Jam terbang dan akan melaksanakan display atau airshow di Lanud Suwondo, Medan, Lanud Roesmin Nuryadin, Pakanbaru, Lanud Padang, Lanud Palembang, dan Bandara Inten  Lampung sepulangnya dari misi di LIMA.

Meet and Greet The Jupiters tandai misi ke Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2015

The Jupiters, saat landing usai melaksanakan latihan terakhir jelang keberangkatan ke LIMA Malaysia, yang dihadiri oleh Media, Pecintara Dirgantara, Anak sekolah TK, SD.SMP, SMA, SMK di Yogyakarta. Senin (9/3)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel