BeritaFoto

Melalui Komsos, Lanud Suryadarma Ajak Ribuan Masyarakat Purwasuka Perkuat Pertahanan

Oleh 01 Apr 2019 Tidak ada komentar
Melalui Komsos, Lanud Suryadarma Ajak Ribuan Masyarakat Purwasuka Perkuat Pertahanan
#TNIAU 

TNI AU. Ribuan Masyarakat ramai-ramai mengunjungi Lanud Suryadarma selain untuk melaksanakan olah raga, mereka juga di ajak untuk ikut perkuat Pertahanan Negara dengan melalui Komunikasi Sosial (Komsos) TNI oleh Lanud Suryadarma, yang dilaksanakan di Taman Surya Dirgantara Lanud Suryadarma. Kalijati, Subang. Minggu (31/3).

Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI di lingkungan Lanud Suryadarma dengan materi tentang Netralitas TNI, Pembinaan Teritorial, Psikologi Sosial dan Kesadaran Hukum yang dilaksanakan saat ini adalah bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun Komunikasi dialogis, sehingga dapat memperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi dan mengajak masyarakat agar lebih mengenal lebih dekat lagi dengan TNI khususnya TNI Angkatan Udara.

Adapun Tema yang diusung dalam kegiatan Komsos tahun 2019 yaitu  “Melalui Komsos TNI Kita Pelihara kemanunggalan dengan rakyat guna meningkatkan semangat bela negara”.

Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala yang disampaikan oleh Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago menyampaikan bahwa kesadaran bela negara pada hakikatnya merupakan kesediaan berbhakti pada negara dan berkorban demi membela negara. Kesadaran bela negara dibangun sebagai bagian dari sistem pertahanan negara. “Oleh sebab itu pertahanan negara dilaksanakan oleh pemerintah dan dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya” jelasnya.

Komandan juga mengatakan bahwa upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. “Sebagai warga negara sudah sepantasnya ikut serta dalam bela negara sebagai bentuk kecintaan kita kepada negara dan bangsa” pintanya.

Komandan juga mengharapkan dengan di adakannya komsos TNI di Lanud Suryadarma ini nantinya masyarakat mempunyai pemahaman yang sama bahwa bela negara bukanlah domain TNI saja tetapi merupakan hak dan kewajiban kita semua, seluruh warga negara indonesia, seperti yang diatur dalam undang-undang dasar 1945 pasal 27 ayat 3 yang menyebutkan “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

“Apabila seluruh warga negara dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat telah memiliki kesatuan paham tentang arti pentingnya hak dan kewajiban dalam bela negara, maka dengan kesadarannya tersebut seluruh komponen bangsa dapat bersatu untuk ikut menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945” tambahnya.

Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI di lingkungan Lanud Suryadarma kali ini berbeda dengan komsos sebelumnya selain dilaksanakan di lapangan terbuka juga menampilkan beberapa kendaraan alut sista yang dimiliki oleh Lanud Suryadarma serta menampilkan para prajurit Muda TNI Angkatan Udara baik itu Penerbang, Pasukan Khas TNI AU dan Wanita Angkatan Udara. Antusias wargapun terlihat sangat gembira mereka selain disiapkan berbagai macam doorprizt dan masyarakat pun banyak yang berpoto selfi dengan para parajurit dan penerbang muda TNI Angkatan Udara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Kepala Dinas di jajaran Lanud Suryadarma, Camat Kalijati, Danramil Kalijati, Kapolsek Kalijati,serta para Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan para Purnawirawan TNI AU.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel