Berita

MEMAKNAI DAN MENGAMALKAN HARI RAYA IDUL ADHA DENGAN PENUH KEIKHLASAN

Dibaca: 0 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Dengan peringatan Hari Raya Idul Adha 1431 H/2010 M ini, hendaknya kita semua dapat memaknai dan merenungkan serta mengamalkannya dengan penuh keikhlasan, agar nuansa pengorbanan ini dapat mencapai insan yang memiliki dedikasi, motivasi, disiplin tinggi dan rela berkorban demi tercapai sebuah kebahagiaan baik dunia maupun akhirat. Demikian disampaikan Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Nanang Santoso, pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1431 H/2010 M, yang diikuti oleh Keluarga Besar Lanud Pekanbaru dan masyarakat sekitarnya, di Masjid Amrullah Lanud Pekanbaru, Rabu (17/11).

Lebih lanjut Danlanud mengharapkan, khususnya kepada seluruh Warga Lanud Pekanbaru agar dalam momentum Idul Adha ini dapat mampu mengintropeksi kekurangan-kekurangan kita dimasa silam dengan cara meningkatkan hablumminallah dan hablumminannas, hablumminallah dengan memantapkan iman dan taqwa, sedangkan hablumminannas dengan menjaga silaturahmi serta menciptakan kondisi yang kondusif baik dalam diri kita, keluarga, lingkungan maupun masyarakat. Ibadah qurban memberi pelajaran besar kepada kita terhadap pentingnya pengorbanan dalam mengarungi kehidupan. Pengorbanan, ketabahan dan kemandirian seperti yang diperlihatkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam dan keluarganya dalam kehidupan sehari-hari, agar setiap tugas yang dibebankan kepada kita semua dapat kita laksanakan dengan optimal. Sebagai prajurit TNI, hendaknya kita mampu mengembangkan sikap ini dalam berbagai dimensi penugasan, sehingga tugas apapun yang kita emban dapat kita laksanakan dengan baik.

Sementara itu, AL-Ustadz, Muhammad Yunus Hasyim, S.Ag yang bertindak selaku imam dan khatib pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1431 H/2010 M, dalam khotbahnya menyampaikan bahwa Idul Adha memiliki makna yang dalam dan luas yang melambangkan keluhuran dan kesucian agama islam sebagai agama yang memiliki kepedulian sosial yang amat besar serta mengutamakan moral dan akhlakul karimah dalam mewujudkan perdamaian dan kedamaian, untuk itulah syariat islam menuntun dan menuntut kita untuk melaksanakan amal shaleh dan amal kebajikan yang bermanfaat bagi sesama umat manusia sekaligus menjadi persiapan kita menuju kehidupan akhirat nanti yang abadi.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia pelaksana Hari Raya Qurban Kasi Bintal Lanud Pekanbaru, Mayor Sus H.M.Zukri,S.Ag melaporkan bahwa jumlah binatang ternak yang dikurbankan adalah sebanyak 39 ekor, 13 ekor sapi dan 26 ekor kambing yang semuanya itu adalah binatang qurban dari warga Lanud Pekanbaru sendiri, ini menandakan tingkat iman dan takwa warga Lanud Pekanbaru semakin bertambah. Pelaksanaan penyembelihan kurban diawali dengan penyerahan hewan Qurban secara simbolis oleh Danlanud Pekanbaru yang didampingi Ketua PIA AG Cabang 12/D.I Lanud Pekanbaru, Ny. Nanang Santoso beserta para pejabat dijajaran Lanud Pekanbaru kepada panitia pemotongan hewan Qurban yang diwakili oleh Lettu Tek Jakaria dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan Qurban lainya, yang nantinya hewan Qurban tersebut akan diserahkan kepada Panti Asuhan Ar-Rahim, Panti Asuhan Pasir Putih, Panti Asuhan Sidomulyo beserta masyarakat disekitar Lanud Pekanbaru.

Pada malam sebelumnya Danlanud Pekanbaru Melepas takbir keliling yang diawali dengan pemukulan beduk dan diberangkatkan dari Masjid amrullah menuju Jl. Gajah Mada bergabung dengan Pawai Takbir Keliling dari Pemerintahan Provinsi Riau, setelah melaksanakan takbir keliling di kota Pekanbaru dilanjutkan ke komplek Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  UPACARA HUT KE-66 TNI AU DI LANUD TIMIKA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel