Berita

Memperingati Ke- 46 Tahun Operasi Seroja di Timor Timur  Tahun 1975 Korpaskhas Laksanakan Kegiatan Sarasehan Reuni Pelaku Sejarah Operasi Seroja

Dibaca: 15 Oleh 07 Des 2021Tidak ada komentar
5 1 1
#TNIAU 

TNI AU- BANDUNG, MAKO KORPASKHAS – Komandan Korpaskhasau Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y, S.E., M.Tr (Han) yang diwakili Irkorpaskhas Kolonel Pas Elia Adrianto, menghadiri kegiatan Sarasehan Reuni Pelaku Sejarah Operasi Seroja era Tahun 1975 di Gedung Pandawa Pusdiklat Paskhas. Selasa (07/12/2021).

Generasi saat ini mungkin banyak yang tidak tahu jika negara dengan nama Timor Leste, dulu pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tahun 1975, ribuan prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) Khususnya Kopasgat diterjunkan ke Timor timur, yang saat ini telah menjadi sebuah negara dengan nama Timor Leste. Kala itu, para prajurit tersebut tergabung dalam sebuah operasi, yang dikenal dengan nama  Operasi Seroja.

Dankorpaskhas dalam sambutannya yang dibacakan Ir Korpaskhas Kolonel Pas Elia Adrianto menyampaikan, “Sungguh merupakan kehormatan bagi kami atas berkenannya bapak-bapak dan ibu-ibu meluangkan waktu dan dapat hadir pada pertemuan reuni ke-46 sukarelawan operasi Timor -Timur kali ini,  sekaligus ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Sesepuh Korpaskhas atas kesediaan meninggalkan kesibukannya berada di tempat ini.

Baca juga:  Garap Sekolah Unggulan, Yasarini Gandeng Kemendiknas

Tentu pertemuan reuni ini tidak sekedar untuk menyambung tali silaturahmi, bernostalgia saat berdinas maupun bertugas di medan operasi, akan tetapi dapat kita jadikan sebagai sarana untuk berdiskusi dan menyampaikan informasi tentang berbagai hal khususnya tentang kelanjutan purna pengabdian di masa yang akan datang.    Pertemuan ini sungguh menjadi kegiatan yang sangat penting guna tetap terpeliharanya ikatan batin, jiwa korsa dan semangat perjuangan  antara para sesepuh dan generasi penerus Korpaskhas.

Pada pertemuan reuni kali ini, telah genap usia ke-46 tahun  kebersamaan para sukarelawan pelaku Operasi Seroja Timor-Timur, tentu banyak catatan pengalaman dan memori, baik canda tawa, suka duka sampai dengan perasaan tegang dan cemas  saat menjalankan misi pertempuran, kesemuanya itu berkat soliditas, loyalitas, dan professionalisme dalam memegang teguh perintah pimpinan, yang terus terjaga sampai purna pengabdian.   Hal ini  menjadi fenomena yang patut dicontoh dan diteladani oleh para generasi penerus Korpaskhas sampai saat ini.

Pada kesempatan tersebut hadir para pelaku Operasi Seroja Timor Timur Tahun 1975 diantaranya Bapak Marsdya TNI (Purn) Budi Santoso, Bapak Marsma TNI (Purn) Nanok Suratno, M.Ba., Kolonel  (Purn) Wahyu Wijoyo, para Sesepuh dan Ibu-ibu Warakawuri Sukarelawan pelaku Operasi Seroja Timtim Tahun 1975, serta para pelaku Operasi Seroja lainnya.

Baca juga:  UPACARA MINGGUAN DI LANUD SOEWONDO

Selanjutnya pada akhir acara Dankorpaskhas berkesempatan memberikan cinderamata  kepada perwakilan Purnawiran Kopasgat. Tampak hadir dalam reuni Sarasehan  tersebut, Danpusdiklat Paskhas, dan para  Pejabat Korpaskhas. penkorpaskhas

6 1 1

7

3 jpg 1

2 jpg 1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel