Berita

Menam pohon di sekitar Bandara El Tari Kupang

IMG_7975
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.  Personel Lanud El Tari ikut serta dalam menghijaukan daerah Bandara El Tari Kupang dengan menanam pohon mangga dan sawo bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia dan bulan menanam Nasional (HMPI-BMN) yang disatukan dengan pencanangan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS) dengan Tema ’’DAS Sehat Sejahterakan Rakyat’’ tingkat propinsi NTT tahun 2018, yang dihadiri oleh unsur pemerintah,Swasta, BUMN/BUMD, Pelajar, Mahasiswa,Pramuka TNI dan masyarakat. Kegiatan penanaman pohon mangga dan Sawo  ini di buka oleh Asisten I Propinsi NTT Bapak Fernandes.Jum’at.(14/18).

Sambutan Menteri lingkungan hidup dan kehutanan Siti Nurbaya yang disampaikan oleh Asisten I Propinsi NTT Bapak Fernandes, menyampaiakan bahwa peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam  Nasional pada tahun 2018 ini berbeda dari tahun ke tahun sebelumnya, karena tahun HMPI di lebur, disatukan dengan pencanangan gerakan Nasional pemulihan daerah aliran sungai (GN PDAS). Penanamam pohon selalu menjadi sebuah kegiatan yang amat penting dengan tujuan untuk memulihkan kondisi lahan atau hutan secara lebih luas yaitu dalam sebuah satuan ekosistem daerah aliran sungai(DAS) yang segera dipulihkan fungsi hidrologi DAS agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana alam, serta meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Penanaman pohon merupakan salah satu strategi yang berdiri sendiri dalam pemulihan DAS. Besar harapan dengan pendekatan yang lebih holistiK dalam kontek DAS, berbagai program pengelolaan sumber daya alam  dapat diinternalisasikan ke dalam tata ruang sehingga harmonisasi program dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan damapak dan manfaat. Secara langsung kita jadikan tata ruang sebagai instrument berdayaguna dalam mendorong terjadinya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi program.