Berita

Mencegah Hiv Dan Aids Lanud Tarakan Laksanakan VCT

Dibaca: 32 Oleh 29 Apr 2015Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Demi kepedulian serta pencegahan dini penyebaran virus yang dapat menimbulakan penyakit menular terutama HIV dan AIDS, Lanud Tarakan melaksanakan kegiatan VCT (Conseling Test Voluntary) pada Selasa,  (28/4) s/d Rabu, (29/04) yang bertempat di gedung serba guna Lanud Tarakan.

Kegiatan VCT dilaksanakan dengan konseling dengan face to face kemudialan di lanjutkan pengambilan darah untuk test HIV dan AIDS. Kegiatan VCT ini terlaksana berkat kerja sama antara Poliklinik Bhuwana Lanud Tarakan dengan Dinkes Kota Tarakan, BKKBN Kota Tarakan dan KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kota Tarakan

“Pelaksanaan test HIV dan AIDS ini di wajibkan bagi seluruh personel Lanud Tarakan tanpa terkecuali” Ujar Kadispers Lanud Tarakan Mayor Adm Gusti Sopyannur mewakili Danlanud Tarakan.

Kadispers Lanud Tarakan menambahkan “pemeriksaan ini juga bertujuan untuk pengawasan serta pencegahan dini bila ada personel yang terinfeksi, serta penderita dapat tetap meneruskan kelangsungan hidupnya”.

Pada Sosialisasi HIV/AIDS tersebut Sekretaris KPA Kota Tarakan dr Tri Sugiatmi menyampaikan bahwa “Virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan AIDS. HIV/AIDS merupakan masalah penting, bukan saja dibidang kesehatan, tetapi juga di bidang Sosial kemasyarakatan, karena hingga saat ini belum ada Vaksin untuk mencegah HIV dan juga belum ada obat yang bisa menghilangkan Virus dari dalam tubuh orang yang terinfeksi, serta dampak yang ditimbulkannya sangat luas, karena jumlah kasus HIV dan AIDS yang dilaporkan dari tahun ke tahun juga masih terus meningkat.

Baca juga:  ROTASI TIGA BELAS PEJABAT TNI AU

Lebih lanjut dr Tri mengatakan “Hingga saat ini belum ditemukan jenis obat yang dapat menyembuhkan penderita HIV/AIDS, obat-obat yang digunakan sekarang ini hanya bersifat menghambat perkembangbiakan virus di dalam darah”.

Sosialisasi yang dihadiri oleh Kadispers Mayor Adm Gusti Sopyannur, Sekda Kota Tarakan Bapak dr Andi Khoirul, Asissten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Ibu Ir Maryam, Kadinkes Kota Tarakan Bapak Ir Subono dan seluruh anggota Lanud Tarakan serta seluruh Anggota PIA Ardhya Garini Cab 21/D II Lanud Tarakan.

Test HIV dan AIDS di laksanakan dengan mekanisme konseling bersama konseler dari petugas Dinas Kesehatan kota Tarakan kemuadian dilanjutkan dengan pengambilan darah. Hasil test HIV dan AIDS ini pun sangat di jaga kerahasiaannya sebab hanya konseler dan peserta yang saling berkomunikasi secara face to face.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel