Berita

Mengenal Protokoler Penerbangan VVIP/VIP di Lanud Halim

Dibaca: 538 Oleh 25 Jul 2016Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Lanud Halim Perdanakusuma merupakan pangkalan udara di DKI Jakarta yang selain berfungsi untuk pangkalan udara TNI AU juga sebagai pangkalan udara protokoler yaitu tempat keberangkatan maupun kedatangan pejabat negara VVIP/VIP (Very Very Important Person/Very Important Person) menggunakan pesawat terbang. Oleh karena itu, di Lanud Halim Perdanakusuma terdapat skadron khusus angkut VVIP/VIP yaitu Skadron Udara 17 untuk angkut pejabat menggunakan pesawat bersayap tetap dan Skadron Udara 45 menggunakan pesawat helikopter.

Dalam sejarahnya, sejak keberadaan Lanud Halim Perdanakusuma di tanah air status sebagai pangkalan udara protokoler telah melekat karena kedudukan Lanud Halim Perdanakusuma ada di ibukota negara. Sehingga beberapa kekhususan ada di Lanud Halim Perdanakusuma seperti dua skadron angkut VVIP/VIP, prosedur protokoler dan pengamanan ketika ada penerbangan VVIP/VIP dan lainnya. Prosedur protokoler penerbangan VVIP VIP antara lain apabila ada keberangkatan/kedatangan Presiden RI maupun pejabat lainnya, senantiasa diantar/dijemput oleh pejabat TNI Polri di Provinsi DKI Jakarta juga oleh pejabat pemerintahan terkait. Khusus untuk Komandan Lanud Halim Perdanakusuma sebagai tuan rumah, apabila pejabat VVIP/VIP yang di dampingi ibu negara/istri maka istri Komandan Lanud Halim Perdanakusuma harus pula menyambutnya.

Baca juga:  KOSEKHANUDNAS I SERGAP PESAWAT MUSUH

Guna efisiensi dan efektifitas protokoler penerbangan VVIP/VIP tersebut maka diadakan pembedaan lokasi penyambutan dan pengantarannya. Apabila penerbangan VVIP/VIP tujuan/kedatangannya di/dari dalam negeri maka protokolernya di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, sedangkan apabila tujuan/datang penerbangannya ke/dari luar negeri maka protokolernya di Bandara Halim Perdanakusuma. Protokoler dalam rangka penerbangan VVIP/VIP tersebut dilaksanakan juga oleh Danlanud Halim Marsma TNI Sri Mulyo Handoko, S.I.P., M.AP., beserta Nyonya Fatim Handoko saat mengantar keberangkatan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, beserta Ibu Negara saat akan melaksanakan kunjungan kerja ke Jambi dan Medan Kamis, (21/7) di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma. Selain Danlanud Halim Perdanakusuma beserta nyonya tampak hadir mengantar presiden, Pangdam Jaya Mayjend TNI Teddy Laksmana, Pangkoopsau I Marsda TNI Yuyu Sutisna, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto dan pejabat lainnya.

Dengan stutus Lanud Halim Perdanakusuma sebagai pangkalan udara protokoler untuk penerbangan VVIP/VIP juga di Bandara Halim Perdanakusuma tersebut, tentu ada beberapa prosedur baku yang diterapkan seperti administrasi, operasional, pengamanan dan pelayanan agar penerbangan VVIP/VIP berlangsung tertib, aman dan lancar.

Baca juga:  100 PNS TNI AU Lulus Diklat Alih Golongan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel