Berita

Menhan RI Beri Pembekalan kepada Taruna AAU

Dibaca: 13 Oleh 19 Sep 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

“Hard Power dan Soft Power sebagai bagian dari bela negara merupakan dua kekuatan yang dapat melindungi serta menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, demikian disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prof. DR. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., MA., Ph.D., saat menjadi Keynote Speaker dalam rangka Sosialisasi Bela Negara kepada 308 orang Taruna AAU tingkat II, III dan IV termasuk didalamnya 12 orang Taruni di Gedung Sabang Merauke AAU, Kamis (18/9). 

Lebih lanjut Menhan mengemukakan bahwa selain Hard Power berupa adanya Alutsista baik itu yang terdapat di AD, AL dan AU, Soft Power juga diperlukan bangsa ini dalam menghadapi kemungkinan ancaman yang semakin berkembang saat ini yang bersifat non militer seperti budaya, terorisme, separatisme hingga cyber attack. 

“Untuk itu saat ini Kementerian Pertahanan (Kemhan) sedang melaksanakan berbagai upaya untuk mewujudkan soft power tersebut, yang sudah ada saat ini seperti adanya Universitas Pertahanan (Unhan), kemudian Badan Pusat Instalasi Strategis di Sentul, serta mengembangkan adanya matra baru yaitu matra cyber”, ujar Menhan. 

Baca juga:  TINGKATKAN SOLIDITAS TNI DAN POLRI

“Center of Cyber (COC) juga menjadi program yang dicanangkan, direncanakan akan berada di Kemhan, kemudian tiap angkatan baik AD, AL maupun AU akan memiliki CERT atau Computer Emergency Response Team yang akan langsung bertindak apabila terjadi cyber attack”, tambahnya. 

Menhan pun mengatakan bahwa ke depan diharapkan Indonesia mampu memiliki satelit sendiri yang tak hanaya dapat digunakan oleh Kemhan, namun juga dapat digunakan oleh TNI, Polri hingga badan intelijen. 

“Dengan memiliki satelit sendiri maka Sistem Komunikasi (Siskom) kita tidak akan mudah di tembus oleh kekuatan asing”, jelas Menhan. 

Pada bagian lain “speech” nya Menhan menyampaikan bahwa untuk menangkal ancaman yang mungkin datang untuk mengganggu kedaulatan bangsa ini bukanlah hanya menjadi menjadi tugas salah satu komponen bangsa saja, tetapi menjadi tugas seluruh komponen bangsa. 

“Dan menjadi tugas kalianlah di masa datang untuk dapat mengawaki berbagai alutsista yang dimiliki oleh bangsa ini untuk mengawal kedaulatan NKRI”, ujar Menhan kepada seluruh Taruna AAU. 

Selain dari Menhan RI, seluruh Taruna AAU pun menerima pembekalan tentang Bela Negara dari Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI M. Syaugi, S.Sos., M.M. 

Baca juga:  Komandan Lanud Maimun Saleh Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rencong 2019

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel