Berita

MENJADI “AIRMANSHIP” KARBOL DIKENALKAN TERBANG LAYANG

Dibaca: 31 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Seorang Karbol dituntut untuk dapat memahami dan menanamkan jiwa airmanship dimanapun dia berada, pada hakekatnya seorang Karbol disiapkan untuk menjadi seorang pilot. Sehingga dalam keseharian dia juga harus mengedepankan kehidupan sebagai seorang airmanship sebagai awak pesawat atau crew. Demikian dikatakan Kolonel Pnb Firdaus Kepala Departemen Matra kemarin sore (4/5).

 

Lebih jauh beliau mengatakan kehidupan seorang airmanship perlu di kenalkan sejak dini, oleh karenanya pemberian materi Terbang layang bagi Karbol TK II sangatlah tepat. Dan perlu di catat selain membiasakan diri menjadi seorang Airmanship juga perlunya pembentukan karakter (character building) bagi Karbol. Mulai bulan Januari 2010, Karbol AAU Tingkat II (sersan Karbol) werving 2008 digembleng dan diperkenalkan Terbang Layang (terla). Hingga saat ini pelaksanaan latihan sudah mencapai 98%, dan menurut rencana besok pagi akan diadakan upacara penutupan sekaligus penyematan brevet terbang layang (terla). Pencapaian jam terbang 128 orang ditargetkan 600 sorte, sehingga tujuan latihan Terbang Layang bisa tercapai. Latihan Terla ini dilaksanakan di pangkalan udara Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Baca juga:  PERSONEL LANUD SUPADIO DAN PIA AG SUMBANG DARAH

 

Masih menurut beliau keberhasilan latihan terla selain pencapaian habit seorang Karbol matra udara, keberhasilan latihan juga diukur dari safety-nya latihan. Faktor Lambangja include menjadi tujuan latihan. Prosedural yang ditaati akan meminimal mungkin resiko kecelakaan yang ada. Sebelum melaksanakan latihan Terla Karbol wajib melakukan chek kesehatan dan dilanjutkan dengan pengarahan dari intruktur Terla. Didampingi oleh kapten Tek Sasmita, Letda Tek Saiful dan Sertu Ninang yang tiap hari mendampingi para Karbol melaksanakan terbang layang.

 

Latihan terla ini dilaksanakan mulai hari Senin-hingga Jumat, mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 dan hari Sabtu pukul 07.00 WIB. sesuai perkembangan situasi dan kondisi. (Pen AAU).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel