Berita

Menjawab Pelanggaran Udara Di Perbatasan TNI AU Menggerakkan Sukhoi Ke Lanud Tarakan

Dibaca: 9 Oleh 11 Agu 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

TNI Angkatan Udara menggelar Latihan Udara dengan sandi “Perkasa B-15” di Lanud Tarakan, selasa (11/08). Latihan ini melibatkan satu flight pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos mengatakan ”pergerakan Sukhoi di Lanud Tarakan merupakan jawaban atas masih terjadinya pelanggaran wilayah di Perbatasan oleh negara tetangga, latihan pertahanan udara ini melibatkan satu Flight Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 dari Skuadron 11 Makassar ”.

Lebih lanjut Danlanud menambahkan “Latihan ini merupakan program rutin Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) guna mengasah kemampuan dan ketrampilan prajurit TNI Angkatan Udara untuk meningkatkan kesiap siagaan unsur pertahanan udara (Hanud) sesuai dengan sistem pertahanan udara nasional dengan pengamatan dan penangkalan yang handal terhadap setiap bentuk ancaman udara lawan di wilayah udara dan kedaulatan teritorial udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Selama ini Klaim negara tetangga di wilayah perairan Ambalat membuat pemerintah Indonesia berang. Untuk menghindari, dikuasainya wilayah tersebut, TNI AU secara rutin terus melaksanakan operasi dan latihan.

Baca juga:  Danlanud Dhomber Hadiri Doa dan Dzikir Bersama untuk Keselamatan dan Keamanan Masyarakat Kota Balikapan Dari Wabah Covid 19  

Dalam operasi ini TNI AU melibatkan satu Flight Pesawat Sukhoi, satu Helikopter Super Puma H-3214, Kosekhanudnas II Makassar, satu regu SAR Paskhas Batalyon 466, Tim Satwa Brigan dari Satpomau Lanud Sultan Hasanudin, Lanud Tarakan, serta Satrad 225”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel