Berita

MENKOKESRA MEMBUKA KEGIATAN MMDiREx DI LANUD PADANG

Dibaca: 9 Oleh 21 Mar 2014Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Menkokesra Agung Laksono membuka secara resmi acara MMDiREx 2014 di Taxy way Lanud Padang belum lama ini. Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise yang disingkat MMDiREx adalah kegiatan Latihan Gabungan terpadu (Joint Exercise) dalam tanggap darurat menghadapi bencana, yang melibatkan semua komponen mulai Pemerintah, Militer, Polisi dan masyarakat beserta ormas-ormasnya. Latihan yang juga melibatkan 9 negara sahabat ini digagas oleh BNPB bekerjasama dengan TNI, dan mengambil tempat sebagai area latihan di Kota Padang dan Pulau Mentawai. Pemilihan area ini berdasarkan kondisi Padang dan Mentawai termasuk daerah yang rawan bencana. Skenario yang disimulasikan adalah bencana Gempa 8,9 SR di Barat Laut Pulau Mentawai yang mengakibatkan Tsunami. 

Kolonel Pnb Jorry Soleman Koloay sebagai Ketua Koordinator kegiatan ini mengungkapkan total personel yang terlibat adalah 3227 orang termasuk masyarakat kota Padang, sedangkan TNI mengerahkan 1772 personel, 355 diantaranya adalah TNI AU. Tidak hanya personel, TNI AU juga mengirimkan 2 C-130 Hercules, 1 CN-295, 1 Cassa-212 dan 2 Helikopter serta Paskhasau. Kekuatan udara lain yang terlibat adalah 1 Helly dari TNI AD, 2 Helly dari TNI AL dan 1 Helly dari BASARNAS. Latihan Gabungan ini digelar selama 7 hari sejak 17 Maret sampai dengan 23 Maret 2014. 

Baca juga:  Menyambut Kedatangan Kasad Dalam Rangka Safari Ramadhan

Dalam sambutannya Agung Laksono menyampaikan bahwa Latihan gabungan ini sangatlah penting, disamping melatih personel yang bertugas menangani tanggap darurat agar nantinya mampu hadir disetiap sudut wilayah NKRI yang terkena bencana, diharapkan pula bahwa setiap elemen masyarakat khususnya yang bermukim di daerah rawan bencana sadar akan bahaya yang selalu mengancam dan harus senantiasa siaga menghadapi bencana. Sesuai Upacara, Menkokesra berkesempatan untuk berdialog langsung dengan peserta latihan didampingi Ketua Koordinator Latihan Gabungan Kolonel Pnb Jorry Soleman Koloay, Komandan Lanud Padang Letkol Pnb Handaka, Pejabat Pemda Sumbar, Waasops Panglima TNI, Pejabat BNPB serta pejabat TNI lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel