Berita

Menpora membuka lomba International Parachuting Accuracy Water Landing

Dibaca: 5 Oleh 12 Sep 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Ribuan warga kota Makassar dan sekitarnya , Minggu pagi (11/9) memadati Anjungan Pantai Losari Makassar untuk menyaksikan lomba International Parachuting Accuracy Water Landing Championship and Boogie Jump 2011 dan Festival Bahari dan Budaya yang dibuka Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI Andi Alfian Malarangeng, di Anjungan Pantai Losari Makassar Sulawesi Selatan yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 18 September 2011.

Kegiatan pembukaan yang cukup meriah tersebut dihadiri Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Asops Kasau Marsda TNI Agus Munandar, Aspers Kasau Marsda TNI IB.Putu Dunia , Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Ismono Wijayanto, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir, Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo, Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Agus Supriyadi, Dan Lantamal VI Brigjen TNI (Mar) Chaidier Patonnory, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Barhim dan Walikota Makassar Ilham Arif Siradjudin, Kas Koopsau II Marsma TNI Tri Budi Satriyo serta Wakapolda Sulselbar Brigjen Pol Drs. Syahrul Mamma. SH MH.

Baca juga:  Danlanud Sutan Sjahrir Memimpin Apel Khusus Menyambut Tahun Baru 2017

Hadir pula Komandan Lanud Adi Sucipto Marsma TNI Abdul Muis, Komandan Lanud Abdulrachman saleh Marsma Agus Dwi Putranto, Ketua DPRD Sulsel Moh. Roem, Ketua Kwarcab Pramuka Sulsel Ibrahim Saleh, serta beberapa para Pejabat TNI, Polri dan Pemda serta undangan lainnya.

Acara diawali laporan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Barhim selaku Ketua Panitia yang juga sebagai Ketua FASIDA (Federasi Aero Sport) daerah Sulawesi Selatan kepada Menpora, Sambutan Walikota Makassar,Gubernur Sul-Sel, Sambutan Kasau selaku Ketua FASI dan sambutan Menpora RI dilanjutkan pembukaan secara simbolis ditandai dengan pelepasan balon.

Usai pembukaan dilanjutkan demo udara Jupiter Aerobatik Team dengan pesawat KT-IB Woong Be dari Skadik 102 Lanud Adi Sucipto Yogyakarta yang melaksanakan beberapa gerakan formasi aerbatik udara di Anjungan Pantai Losari yang cukup menakjubkan dan membuat decak kagum para penonton yang memadati sepanjang pantai Losari Makassar. Acara disusul dengan hadirnya para penerjun Boogie dari Fasi, Paskhasau dan TNI AL dengan menggunakan pesawat angkut TNI AU C-130 dengan ketinggian 10.000 Feet.

Baca juga:  AKS TNI Tahun 2016 di Surabaya

Kegiatan lomba yang dislenggarakan oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulawesi Selatan dengan Ketuanya Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Barhim , merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Sulawesi Selatan yang melibatkan penerjun dari dalam negeri maupun luar negeri dalam ketepatan mendarat di air maupun terjun massal dan kegiatan-kegiatan lainnya diantaranya paramotor, aeromodeling dan pameran peralatan dirgantara serta lomba-lomba lainnya diantaranya lomba perahu tradisionil, lomba renang dari Pulau Lae-lae ke Pantai Losari dan lomba Sandeq Race diikuti 45 perahu layar stard dari Mamuju Sulawesi Barat finis di Pantai Losari Makassar Sulawesi Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 400 kilometer.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat SIP sebagai Ketua Umum PB FASI dalam sambutannya mengatakan Makassar International Parachuting Accuracy Water Landing Chmapionship dan Boogie Jump 2011, saya nilai merupakan ajang yang tepat untuk menanamkan cinta olah raga dirgantara.

Disamping itu, lanjut Kasau, para atlit juga memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan prestasi dan dapat berbagi pengalaman dengan para penggemar olah raga dirgantara dari manca Negara, “Oleh sebab itu , saya meminta kepada para atlit olah raga dirgantara dibawah naungan PB FASI, untuk menggunakan momentum ini dengan sebaik-baiknya”. Tegas Kasau.

Baca juga:  WAGUB AAU KUNJUNGI POSKO MENTARLATNUS XXXI/2010

Beberapa jam sebelum lomba Parachuting International Championship dan Accurate Water Landing dan Festifal Bahari dan Budaya dibuka, di Lapangan Karebosi Makassar sebanyak 20 ribu Pramuka melaksanakan senam pramuka yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Malarangeng. Dalam kegiatan ini juga dimeriahkan oleh para penerjun Saka Dirgantara menggunakan Pesawat Heli TNI AU ketinggian 3000 feet yang membawa bendera merah putih dan bendera pramuka yang serahkan kepada Menpora. Panitia juga menyampaikan pernyataan pemecahan rekor MURI dalam Parade Terampil Pramuka kota Makassar yang mempunyai motto satu kata, satu niat, satukan pramuka Indonesia untuk satu Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel