Berita

Menwa Bentuk Dasar Kemiliteran Di Lanud Abd

Dibaca: 117 Oleh 02 Feb 2016Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pentak Lanud Abd (02/2). Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. hari ini Selasa (2/2) membuka Pendidikan dasar militer ke LXIX bagi Resimen Mahasiswa (Menwa) Wilayah Malang yang terdiri dari beberapa perguruan tinggi di Malang antara lain UB, ABM, Polinema, Stikes Kendedes dan Gajayana Tahun 2016, dihadiri para Pejabat Lanud Abd dan Insub, bertempat di Detasemen Matra 2 Paskhas.

Dalam sambutannya Kadisops menyampaikan, bahwa para peserta Menwa akan dibekali dengan berbagai macam materi yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan kepemimpinan, loyalitas, serta pengetahuan lainnya sehingga diharapkan setelah selesai kegiatan ini, para peserta nantinya mampu menjadi pelatih Menwa yang berkualitas, sehingga mampu menumbuhkan sikap kebangsaan yang merupakan bagian dari wawasan nusantara kepada anggota Menwa lainnya. Sebagaimana seorang militer, Menwa perlu mendapat tempaan mental agar memiliki sikap disiplin yang tinggi.

Pelatihan ini nantinya akan membuat anggota Menwa menjadi Generasi Penerus yang memiliki sikap tegas, kuat, serta disiplin. Bagi Menwa, membina mental dan membentuk pribadi disiplin, bermental baja memiliki sikap loyalitas dan berjiwa nasional itu adalah merupakan tuntutan pribadi yang wajib dilakukan. Apalagi menjadi Menwa berarti ia sudah mengaktualisasikan dirinya dalam wujud bela negara melalui perwujudan sikapnya. Menjadi Menwa akan semakin percaya diri dan tidak takut akan tantangan yang dihadapi. Pembinaan fisik dan mental akan membentuk sikap para peserta Suspelatnas Menwa agar kuat dan tidak gentar pada hal apapun.

Baca juga:  132 WARGA TNI AU SUMBANG DARAH KE PMI

Mata pelajaran yang harus diikuti 36 peserta Menwa meliputi pembentukan kepribadian seperti wawasan kebangsaan dan pembinaan organisasi Menwa. Pengetahuan militer dasarpun dipelajari para peserta diantaranya PBB, PPM, TUM, PUDD dan PDG. Kemudian diajari juga pengetahuan teknik seperti menembak, impk, dasar pengamanan serta pengetahuan tentang kesehatan lapangan. Pengetahuan Taktik patroli juga diberikan termasuk taktik regu.

Pengetahuan umum yang wajib diikuti seperti pengetahuan narkoba dan yang lainnya juga harus dikuasai para peserta, apalagi berkaitan dengan komunikasi yang efektif serta psikologi. Pelajaran Outbond dan jurit malam termasuk dalam mata pelajaran Team Building. Pelajaran dasar militer lainnya seperti test kesegaran jasmani, beladiri, lempar pisau dan kapak, dasar operasi gunung dan lain-lain juga diberikan di dalam pelatihan ini.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel