Berita

Minggu Militer ; Permildas Kembalikan Prajurit TNI Ke Jati Diri

Dibaca: 13 Oleh 26 Jan 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai peran yang amat penting, sekalipun setelah Reformasi, TNI menentukan paradigma baru dalam perannya sebagai salah satu kekuatan bangsa, antara lain tidak lagi menjalankan peran politik praktis, namun TNI tetap penting bagi negara dan bangsa untuk mengatasi kondisi negatif dengan hasil baik. Hal itu tidak beda dengan peran TNI sejak berdirinya pada tahun 1945 yang sangat menentukan perannya bagi keselamatan negara dan bangsa Indonesia.

Kejuangan TNI bersumber pada Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara. Untuk menjalankan Kejuangan dengan semangat, sikap dan perilaku yang tepat, Sapta Marga sebagai Etika Perjuangan TNI, merupakan pedoman untuk menumbuhkan kepada TNI akan kesadaran untuk apa ia menjalankan segenap kewajibannya, termasuk segala pengorbanan yang diberikan dalam melaksanakan tugas kewajiban.

Untuk menjalankan Sapta Marga secara lengkap TNI juga harus menjadi Tentara Professional yang bermutu tinggi. Ukuran pertama sebagai tentara professional adalah tegaknya disiplin yang kuat di seluruh unsur TNI. Tegaknya disiplin berarti bahwa TNI selalu bersatu dalam semangat, sikap dan perilaku. Sebagaimana ditetapkan Sapta Marga, bahwa prajurit TNI memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan, serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan prajurit,

Baca juga:  LANUD HALIM PERDANAKUSUMA POTONG 575 HEWAN KURBAN

Kepada seluruh personel Lanud Palembang agar selalu menjaga dan membina budaya bersemangat, karena dengan bersemangat berarti kita bersyukur atas anugerah Tuhan Y.M.E. Dan orang yang bersemangat akan memiliki disiplin diri yang kuat, tidak mudah puas dengan hasil di bawah kemampuan terbaiknya. Ditegaskan pula agar memperkuat soliditas dan solidaritas di dalam satuan, serta antar satuan di jajaran TNI, dan bangun komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat. Hindari dan buang jauh-jauh sikap-sikap primitif yang mendorong melakukan perbuatan tidak menyenangkan, perkelahian, Narkoba, dan tindakan kriminal lainnya, yang akhirnya akan merugikan diri sendiri, satuan serta masyarakat.

Jaga kesiapsiagaan satuan dengan berlatih dan terus berlatih, karena dipastikan kedepan tugas TNI secara umum maupun Lanud Palembang khususnya akan semakin tidak ringan, dihadapkan kepada kecenderungan perkembangan lingkungan yang bergerak dinamis. Selaku prajurit TNI harus memiliki loyalitas tegak lurus kepada Negara, dan bekerja dengan prinsip kesatuan komando guna mendukung setiap kebijakan pemerintah.

Demikian antara lain disampaikan oleh Danlanud dalam arahannya mengawali minggu militer bagi seluruh personel Lanud Palembang baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS untuk melaksanakan Permildas (Peraturan Militer Dasar) yang mengandung nilai kepatriotan dan jiwa korsa, sebagai ciri khusus yang mencerminkan karakter, jati diri, disiplin dan loyalitas prajurit TNI, Senin (26/1) di lapangan apel Mako Lanud Palembang.

Baca juga:  KASAU RESMIKAN RUMAH DINAS SKADRON 45 LANUD HALIM

Minggu militer hari pertama, seusai upacara bendera seluruh personel Lanud Palembang baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS melaksanakan latihan PBB dan siangnya dilaksanakan binsik lari siang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel