Berita

Mitigasi BPBD di Lanud Husein S. Menguji Kesiap Siagaan Tangani Bencana

SAVE_20181121_160008
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.  Upaya Penanggulangan Bencana semuanya bertujuan untuk mengurangi jumlah korban baik jiwa maupun benda. Sehingga adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaksanakan sosialisasi Mitigasi Upaya Menanggulangan Bencana Alam di Gedung Graha Antariksa Lanud Husein Sastranegara, Rabu (21/11).

Sosialisasi Mitigasi BPBD Jabar tersebut dihadiri seluruh personel Lanud Husen Sastranegara baik prajurit militer dan PNS. Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana S.E., M.M dalam sambutannya yang dibacakan Kadisops Lanud Husein S. Letkol Nav. Sunardi mengatakan kegiatan mitigasi BPBD ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemahaman tentang penanganan bencana sehingga baik lembaga dan seluruh stakeholder serta elemen masyarakat dengan cepat mampu merespon, dan siap siaga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Didik Adji Siddik S.Si, MT dalam presentasinya menyampaikan bahwa wilaya Jawa Barat dikategorikan cukup rentan bencana diantaranya bencana Geologi, Hidro Meteorologi, Biologi, Teknologi, Lingkungan dan Sosial. Seperti fenomena pengembangan kawasan perkotaan di Jawa Barat, laju peningkatan ekomoni, ledakan populasi penduduk, peningkatan kawasan perindustrian dan pemukinan akan dapat memicu eksploitasi pemakaian Sumber Daya Alam yang beresiko kebencanaan.

Lebih khusus Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar ini menyoroti 5 patahan di cekungan Bandung yaitu patahan Lembang, patahan Cileunyi, patahan Cicalengka, patahan G. Geulis, dan patahan Jati. Panjang Patahan / Sesar Lembang kurang lebih sepanjang 29 Km memanjang dari arah Barat (Padalarang) hingga ketimur (antara Bukit Batu Lonceng dan gunung Manglayang). Diperkirakan kondisi Sesar Lembang tersebut akan berpotensi bencana gempa.

Guna mengantisipasi hal tersebut, BPBD Jabar telah mengabil langkah antisipasi berupa diantaranya sinergitas tata ruang yang aman; sinergiatas kelembagaan, Iptek, Manajemen, dan Sumber Daya Manusia.

Usai pelaksanaan sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Komandan Lanud Husein Sastranegara yang diserahkan oleh Kadisops Lanud Husein S kepada Kabid Kedaruatan dan Logistik BPBD Jabar.

Leave a Reply