Berita

Modus KBRN Menjadi Senjata Utama Pelaku Teror

Dibaca: 90 Oleh 21 Agu 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Seiring dengan perkembangan zaman yang diikuti oleh pesatnya ilmu pengetahuan dan kemajuan tehnologi khususnya informasi, komunikasi dan transportasi, aksi pelaku terror pun mengubah modus atau pola dengan menggunakan untuk melancarkan serangannya. Kelompok teroris telah menggunakan bahan Kimia, Biologi, Radioaktif, dan unsur Nuklir (KBRN), seperti yang terjadi di Timur Tengah atau negara lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol Drs. Saud Usman Nasution, S.H, M.M. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sestama BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir saat menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan Latihan Penanggulangan Terorisme Yang Menggunakan KBRN di Markas Batalyon Komando 464 Paskhas, Kamis (20/08).

Lebih lanjut disampaikan bahwa potensi terjadinya aksi terorisme dengan menggunakan bahan-bahan kimia sangat besar dan pernah terjadi di Indonesia pada tahun lalu di Depok yang mana pada kejadian tersebut aparat menemukan Nitroglitser.

Pada kesempatan latihan kali ini melibatkan beberapa unsur satuan TNI maupun instansi pemerintah, antara lain Yonif Linud 502/K, Yonif 512/QY, Yonko 464 Paskhas,Den B Pelopor Satbrimobda Polda Jatim, Dinas Kesehatan, Dinas PMK, RSUD se Malang raya (Kab Malang, Kota Malang dan Kota Batu) dengan melibatkan sejumlah 200 personel.

Modus KBRN Menjadi Senjata Utama Pelaku Teror
Latihan yang dilaksanakan mulai tanggal 20 s/d dengan 26 Agustus 2015 akan menggunakan daerah latihan di lingkungan Hotel Savana, Pangkalan TNI AU Abd. Saleh dan Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang.

Seminggu sebelumnya, BNPT telah melakukan sosialisasi tentang Standart Operational Procedure (SOP) dalam penangulangan aksi terorisme yang menggunakan bahan-bahan kimia beberapa waktu lalu di Hotel Savana Malang yang diikuti oleh 50 peserta dar berbagai instansi se-Malang Raya.

Tamu undangan yang hadir pada pembukaan latihan ini antara lain Danlanud Abd. Saleh, Kolonel Pnb Joko Senoputro, pejabat TNI/Polri dan para Kapolres serta Kepala Daerah se-Malang Raya.

Baca juga:  WARGA MAKOOPSAU II GELAR SENAM JANTUNG SEHAT

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel