Berita

Momentum Idul Adha Ini, Perlu Dijadikan Sebagai Wahana Introspeksi

Dibaca: 10 Oleh 15 Sep 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Lapangan Apel Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh pada Senin, (12/9) dipenuhi oleh anggota Lanud Abd Saleh dan keluarganya serta masyarakat sekitarnya untuk mengikuti Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah. Kumandang takbir begitu menggema sebelum sholat Idul Adha dimulai. Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., M.M., beserta keluarga juga hadir melaksanakan Sholat Idhul Adha 1437 Hijriyah yang dihadiri pula para pejabat Lanud Abd Saleh beserta Insub.

Danlanud abd memberikan sambutan sebelum sholat Idul Adha dimulai. Dijelaskannya, dalam Islam Idul Adha yang juga disebut sebagai Hari Raya Qurban, memiliki makna kepedulian, yang berujung pada hadirnya kebersamaan dan persaudaraan. Syari’at berqurban menegaskan, bahwa umat islam tidak hanya memiliki simpati, tetapi lebih pada empati antar sesama, sekaligus merupakan penegasan sebagai insan beragama. Disamping itu, beragama bukan untuk menimbulkan kesengsaraan, dan untuk mencederai ummat yang tidak bersalah, akan tetapi justru untuk saling membantu, dan menguatkan hubungan kebersamaan serta memberikan manfaat. Sebagai bukti bahwa daging qurban pun boleh dibagikan kepada masyarakat, yang beragama non muslim.

Baca juga:  DANLANUD REFRESING DENGAN MANCING

Oleh karena itu, momentum Idul Adha ini, perlu dijadikan sebagai wahana intro-speksi dan refleksi diri, karena di dalamnya terdapat unsur pendekatan diri kepada Allah SWT, serta keikhlasan dan kesabaran, yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan yang penuh rintangan dan tantangan. Sesungguhnya apabila kita dapat menghayati, banyak sekali hikmah yang terkandung dalam Idul Adha, kata Danlanud Abd. Bahkan dengan adanya Idul Adha, dapat memberikan terobosan baru bagi keberagaman yang ada.

Disamping itu, semangat Idul Adha juga dapat diwujudkan setiap waktu dan dimana saja, yaitu dengan jalan memberikan pengorbanan secara tulus dan ikhlas, untuk kebahagiaan sesama warga masyarakat. Oleh karenanya, perayaan Idul Adha ini, dapat dijadikan tonggak guna menyongsong tugas-tugas Angkatan Udara kedepan, yang terus berkembang dan semakin kompleks, serta memerlukan insan-insan dirgantara yang disiplin serta memiliki etos kerja, dalam melaksanakan tugas.

Sementara menurut Ustad DR. M. Faisol Fatawi Dosen UIN Malang yang bertindak selaku Imam dan Khotib menjelaskan pula tentang makna dari Sholat Idul Adha yang mengandung ajaran kehidupan sosial bermasyarakat yang menjelaskan hubungan manusia dengan Tuhannya, hendaknya mempunyai aspek yang bermanfaat bagi masyarakat, yang diwujudkan berupa perhatian dan pemberian bantuan kepada kaum fakir miskin, sehingga terwujud kerukunan dan sikap kebersamaan antar umat.

Baca juga:  Dua Jabatan Strategis AAU Diserahterimakan

Usai melakukan Sholat Idul Adha, Danlanud Abd secara simbolis menyerahkan hewan korban berupa sapi dan kambing kepada Ketua Panitia Lanud Abd Saleh Letkol Sus Yusron Efendi, S.Ag., M.Si. untuk selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel