Berita

MONUMEN A-4 SKYHAWK DI LANUD SUPADIO

Dibaca: 23 Oleh 04 Agu 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pesawat A-4 Skyhawk yang didatangkan dari Lanud Hasanuddin, Makassar telah selesai dirakit di depan kantor PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio. Pesawat tempur taktis yang pertama kali berhome base di Skadron Udara 12 akan dijadikan monumen di persimpangan Lanud Supadio. Proses perakitan yang memakan waktu 4 hari dikerjakan oleh anggota Skadron Teknik 044 Lanud Hasanuddin dan anggota Skadron Udara 1.

Setelah selesai dirakit pesawat tempur tersebut akan diangkat menggunakan alat crane untuk ditempatkan di monumen yang telah disediakan sebelumnya, Jum’at (3/8) dini hari. Proses pengangkatan pesawat ini mengundang perhatian warga disekitarnya dan juga warga yang melintas dijalan. Namun demikian tidak sempat terjadi kemacetan lalu lintas karena anggota Satpomau Lanud Supadio mengatur lalu lintas di sepanjang jalan. Banyak diantara mereka mengabadikan moment langka tersebut dengan menggunakan Handphone.

“Mangangkat pesawat merupakan pengalaman pertama bagi saya selama kerja sebagai operator crane, biasanya kami mengangkat barang-barang berat untuk perkapalan, paku bumi dan lain-lain,” ungkap Sibli (30).

Pengerjaan pengangkatan pesawat memerlukan waktu yang cukup lama sehingga sampai pukul 02.00 WIB baru selesai. Namun demikian masyarakat yang menyaksikan tetap antusias menunggu detik-detik penempatan pesawat di monumen dan setelah pesawat berhasil ditempatkan dimonumen yang telah disediakan sebelumnya, tepuk tangan masyarakat seketika pun pecah, seakan-akan bergembira dengan adanya monumen pesawat tempur yang akan mempercantik wajah daerahnya.

“Syukur Alhamdullilah proses pengangkatan pesawat A-4 Skyhawk berlangsung lancar dan aman, walaupun ada kendala-kendala kecil namun hal tersebut dapat diatasi,” kata Kadislog Lanud Supadio Letkol Tek Rahmadi Anggoro.

Setelah ini, lanjut Kadislog, pesawat akan masuk tahap pengamplasan, pencucian dan pengecetan serta penguatan pondasi sehingga kedudukan pesawat akan lebih kuat dan kokoh.

Baca juga:  LANUD ADI SOEMARMO DAN DEPOHAR 50 PERINGATI HUT KE-65 TNI AU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel