sejarah

Monumen Merah Putih/Tugu Penerjunan

Oleh 17 Okt 2017 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Monumen Merah Putih/Tugu Penerjunan
Monumen Merah Putih Tugu Penerjunan

Lokasi :  Teminabuan lrian Barat.

Bentuk : tugu dengan prasasti pernyataan Pemimpin Besar Revolusi (PBR) Soekarno:

“Kepada pahlawan-pahlawanku para gerilyawan sukarelawan anggota brigade penerbangan putra dan putri yang melaksanakan Trikora. Saya pimpinan bangsamu, perintis dari seluruh rakyat lndonesia menyampaikan selamat dan terima kasih kepadamu sekalian pada hari ulang tahun Trikora ini, berhubung dengan pengabdian perjuangan dan pengorbanan. Dalam pengabdian dan perjuangan ini kamu sekalian rela berkorban yaitu untuk mencapai tujuan kemenangan revolusi lndonesia dan kamu menang. Aku menghargaimu. Hanya bangsa yang tahu menghargai pahlawan-pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Surabaya 14 Desember 1962, Soekarno.

Maksud Pembuatan : untuk mengenang jasa dan semangat jugang para penerjun dalam pembebasan lrian Barat.

Latar Belakang Sejarah

Sejak lndonesia merdeka dan mendapat pengakuan kedaulatan dari PBB, bangsa Indonesia dengan sabar menantikan pengembalian Irian Barat dengan jalan perundingan, namun tak ada hasilnya, bahkan setelah 16 tahun kemudian ternyata wilayah lrian Barat masih tetap dikuasai Beranda. Pengulur-uluran waktu pengembalian Irian Barat ke pangkuan RI ini dimanfaatkan oleh Belanda dibawah pimpinan Perdana Menteri Luns untuk mempersiapkan berdirinya “Negara Papua” di wirayah Irian Barat. Saat mengetahui niat busuk ini, timbullah kemarahan Soekarno dan mencanangkan Trikora (Tri Komando Rakyat) tanggal 19 Desember 1961. Trikora (Tri Komando Rakyat) berisi :

1. Gagalkan pembentukan “Negara Papua”.

2. Kibarkan Sang Merah Putih di mana-mana di lrian Barat.

3. Siap sedialah untuk Komando Mobilisasi Umum.

Selain itu, Angkatan Perang diperintahkan untuk siap menerima perintah menggempur Belanda di lrian Barat dan membebaskan lrian Barat dengan jalan kekerasan senjata setiap saat.

Pada 9 Mei 1962, dilaksanakanlah operasi penerjunan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) dengan sasaran Teminabuan lrian Barat menggunakan pesawat Dakota menerjunkan 80 pasukan.  Namun naas, 39 pasukan jatuh tepat di asrama Belanda Teminabuan dan mengalami perlawanan yang hebat dari pihak Belanda. Dalam pertempuran ini, 53 anggota PGT gugur. Namun, sebagian dari mereka yang selamat berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di salah satu tempat yang sekarang dibangun sebuah monumen “Tugu Merah Putih “.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel