sejarah

Monumen Perang Rakyat Semesta

Oleh 18 Okt 2017 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Monumen Perang Rakyat Semesta
Monumen Perang Rakyat Semesta

Lokasi :  Berada satu area dengan bangunan sekolah TK Negeri 1 Maret Playen, Desa Banaran Kecamatan Playen, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bentuk : Monumen berbentuk tugu segi empat berdiri tegak diatas undakan segilima menghadap ke arah Selatan, dibelakang monumen terdapat bangunan beratap limasan dan beratap kampung yang berfungsi sebagai museum dan bagian dari monumen.

Peresmian : 10 Juli 1984 oleh Gubernur Kepala Daerah lstimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono lX.

Maksud Pembuatan : 

Monumen ini didirikan atas gagasan “Yayasan 19 Desember 1948” mengenang peran PHB sandi AURI “Stasiun Radio AURI PC 2 ” semasa perang kemerdekaan.

Latar Belakang Sejarah

Sekitar Januari-Februari 1949, akibat Agresi Militer Belanda, maka Stasiun PHB AURI yang ada di Maguwo, Yogyakarta mengungsi ke Desa Banaran Playen Wonosari Gunung Kidul. Radio PHB AURI PC ini memiliki nama panggilan cukup kuat, dipimpin Opsir Udara lll Budiardjo. Tugas utamanya menyiarkan berita-berita perjuangan ke seluruh tanah air dan ke luar negeri.

Tanggal 1 Maret 1949,  beberapa jam setelah Serangan Umum 1 Maret, radio PHB AURI  menyiarkan berita yang disampaikan Kolonel TB Simatupang bahwa Letkol Soeharto berhasil mengusir tentara Belanda dan merebut Kota Yogyakarta selama lebih kurang 6 jam. Berita tentang “Serangan Umum 1 Maret” tersebut disiarkan dalam bahasa lndonesia ke seluruh tanah air dan ke luar negeri secara beranting, dari stasiun radio PHB AURI PC 2 diteruskan ke stasiun radio PHB AURI  di seluruh Jawa dan Sumatera. Lalu, berita ini diterima stasiun radio PHB AURI PD 2 Pangkalan Udara Blangbintang Kuta Raja (Banda Aceh) kemudian diteruskan ke stasiun AURI yang ada di Birma pimpinan Opsir Muda Udara lll Soemarno untuk diteruskan ke Markas Besar PBB yang ada di New York.

Berita-berita Serangan Umum 1 Maret yang sampai ke Markas Besar PBB di New York akhirnya diketahui seluruh dunia, dan membuktikan Indonesia masih ada.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel