sejarah

Monumen Tugu Pahlawan Tri Cakra Bhuana

Oleh 01 Nov 2017 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Lokasi : Teminabuan lrian Barat. 

Bentuk : Tugu berupa makam 8  jasad pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut lrian Barat dari tangan penjajah Belanda. Perawatan makam ini dikerjakan oleh masyarakat setempat.

Peresmian : monumen ini dibangun oleh Pangkorud lV tahun 1964 dan diresmikan bulan Februari 1965 oleh perwira Korud lV Mayor Subroto mewakili Panglima.

Maksud Pembuatan :  untuk mengenang dan melestarikan jasa-jasa dan semangat juang para Pahlawan dalam merebut lrian Barat.

Latar Belakang Sejarah

Pada waktu Operasi Trikora merebut lrian Barat, lndonesia berusaha membentuk daerah-daerah kantong Gerilya di lrian Barat dengan cara infiltrasi menerjunkan pionir-pionir ABRI di daerah-daerah. Pada waktu pembentukan Kantong Gerilya di daerah Teminabuan, 6 orang anggota PGT gugur saat kontak senjata dengan pasukan Belanda. Mengingat situasi tidak memungkinkan, maka jenazah keenam anggota PGT yang gugur tersebut dimakamkan di suatu tempat di Teminabuan. Kemudian, di atas makam tersebut dibangun tugu yang diberi nama Tugu Pahlawan Tri Cakra Bhuana. Pahlawan yang gugur dan dimakamkan di Tri Cakra Bhuana adalah:

1. Sutaji/ SU-478814

2. Djono/SU-462954

3. Y. Tambunan / SU l-474618 lahir 27-8-1932

4. E. Ngarbingan / MU l-474116 lahir 9-5-1924 gugur 24-5-1962.

5. Dua orang anggota PGT yang tidak diketahui identitasnya. 

Selain keenam anggota PGT tersebut masih terdapat lagi dua orang anggota TNI-AD yang gugur setelah TRIKORA.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel