Berita

Musdirla Siap Sukseskan Tahun Kunjungan Museum

Dibaca: 6 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebagian orang beranggapan, museum adalah gudang berdebu yang menyimpan barang-barang rongsok peninggalan jaman dulu. Ternyata anggapan itu tak berlaku bagi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Di museum yang menyimpan 40 buah pesawat dan sejumlah barang-barang koleksi pendahulu TNI AU ini, kebersihan lingkungan dan kebersihan koleksi pamer terjaga setiap hari.

 

“Museum Dirgantara Mandala mempunyai kiat sendiri agar masyarakat tertarik mengunjungi museum. Tidak hanya kebersihan yang harus dijaga, keramahtamahan petugas juga menjadi prioritas,” tegas Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs. Sudarno di ruang kerja, Kamis (18/3).

 

Sebagai wahana rekreasi edukasi, penekanan tentang kebersihan tentunya bukan tanpa alasan. Menurut Letkol Sus Drs. Sudarno kebersihan adalah cermin jati diri penghuninya. Lebih dari itu, bila dikaitkan dengan Museum Dirgantara Mandala, menjaga kebersihan berarti ikut merawat barang-barang koleksi peninggalan para pendahulu.

 

Meski hanya menampilkan koleksi pesawat dan barang-barang jaman dulu, justru lewat koleksi-koleksi itu simpul semangat antar generasi ditularkan. Simpul semangat ini diceritakan kembali lewat deskripsi maupun diorama. “Dengan berwisata ke museum diharapkan para pengunjung, utamanya generasi muda dapat menyerap kembali semangat yang tersimpan dari tiap-tiap barang koleksi, sehingga tumbuh minat dirgantara di generasi penerus,”demikian Letkol Sus Drs. Sudarno menjelaskan maksud simpul semangat antar generasi tersebut.

Baca juga:  Upacara bendera 17-an "LANUD HASANUDDIN"

 

Berkaitan dengan Tahun 2010 sebagai Tahun Kunjungan Museum, Letkol Sus Drs. Sudarno menilai, program dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata tersebut merupakan langkah positif pemerintah untuk mengenalkan museum kepada masyarakat. Lebih lanjut Letkol Sus Drs. Sudarno mengharap ke depan masyarakat dapat menjadikan museum sebagai tujuan utama sebagai tempat untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, khususnya tentang kejayaan Indonesia di masa lalu.

 

Sementara itu menurut catatan dari Badan Musyawarah Museum DIY, di Yogyakarta terdapat 38 museum yang terbagi dalam beberapa kategori, antara lain Museum Sejarah dan Perjuangan, Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Museum Budaya. “Museum Dirgantara Mandala bersama museum-museum yang berada di Yogya siap mensukseskan Tahun Kunjungan Museum,” pungkas Kepala Museum Dirgantara Mandala, mantap

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel