Berita

Musdirla Tambah Koleksi Baru

Dibaca: 7 Oleh 11 Agu 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala mempunyai koleksi baru. Koleksi yang berupa miniatur dari berbagai jenis pesawat dengan skala 1:72 ini dipajang di Ruang Minat Dirgantara, dalam areal gedung museum.

 

Kepala Museum Letkol Sus Drs. Sudarno, Rabu (11/8), mengatakan miniatur pesawat merupakan bantuan dari Indonesia Skale Model Society. “Bantuan direncanakan sejumlah 100-an miniatur pesawat, namun sementara baru terpasang sebanyak 38 buah dalam 10 vitrin,” jelasnya

 

Beberapa dari 38 buah miniatur pesawat tersebut menurut Kepala Museum, pesawatnya sudah tidak diketemukan saat ini. Salah satu diantaranya pesawat Avroanson yang pernah diterbangkan oleh Iswahjudi. Begitu juga dengan pesawat Tupolev TU-2, karena museum hanya mengoleksi TU-16.

 

Indonesia Skale Model Society atau ISMS adalah wadah bagi masyarakat pecinta dunia merakit replika. Christianto, salah satu anggota ISMS Yogya mengatakan ISMS merupakan wadah yang tak terbatas pada pehobi merakit miniatur armada militer, macam pesawat tempur, tank, panser, jip perang, kapal induk tetapi juga menerima perakit spesialis mobil dan motor balap.

Baca juga:  Prajurit Lanud Rhf Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441H/2019M

 

Untuk merakit dan membuat miniatur yang sekarang pesawatnya sudah tidak bisa diketemukan, Christanto menjelaskan bahwa data-data pesawat yang dimaksud harus dicari melalui referensi buku, foto atau melacak melalui internet.

 

Christianto menambahkan kecintaan kepada TNI Angkatan Udaralah yang menggugah sesama rekan di ISMS untuk menyumbangkan miniatur pesawat hasil rakitan mereka ke museum, agar masyarakat luas tahu bahwa bangsa Indonesia pernah menjadi “Macan Asia” di dunia penerbangan.

 

Namun lebih dari itu menurut Christanto dengan hadirnya koleksi baru di museum diharapkan masyarakat termotivasi untuk mengenal dan mempelajari sejarah Indonesia, khususnya sejarah dan kebesaran TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel