Berita

Museum untuk Membangun Karakter Generasi Muda

Dibaca: 5 Oleh 30 Sep 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Melihat koleksi Museum Dirgantara Mandala di ajang Festival Museum yang di gelar di Benteng Vredeburg Yogyakarta, seakan diajak untuk menegenang masa Perang Kemerdekaan II. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena koleksi museum yang dipajang di arena pameran tersebut adalah barang-barang yang dulu pernah digunakan dalam masa Perang Kemerdekaan di tahun 1949.

 

Salah satunya adalah Radio PC-2 yang dulu pernah digunakan personel Perhubungan AURI untuk menyiarkan berita-berita perjuangan dalam menghadapi Agresi Militer II Belanda. Melalui radio yang dioperasikan dari Desa Banaran Kecamatan Playen Gunung Kidul ini, berita tentang keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949 dengan 6 jam di Jogja, dipancarkan ke seluruh penjuru dunia.

 

Koleksi lain adalah foto dan Skep Pengangkatan Adisutjipto sebagai Pahlawan Nasional. Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs. Sudarno saat meninjau pameran, Kamis (30/9), menjelaskan dengan dipamerkannya foto Adisutjipto, diharapkan masyarakat tidak hanya mengenal Adisutjipto sebagai nama pangkalan atau bandara saja, namun lebih dari itu masyarakat dapat menyerap semangat perjuangan beliau dalam kancah mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga:  PANGLIMA TNI TINJAU LATIHAN GULTOR DI IWJ

 

Selain koleksi dari Museum Dirgantara Mandala, dalam pameran yang mengusung tema “Museum untuk Membangun Karakter Generasi Muda” ini, juga menampilkan berbagai koleksi andalan dari 29 museum anggota Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY.

 

Letkol Sus Drs Sudarno menambahkan festival ini bertepatan dengan Tahun Kunjungan Museum 2010 dan Gerakan Nasional Cinta Museum yang dicanangkan pemerintah. “Direncanakan pameran yang digelar atas kerjasama Barahmus DIY dengan Dinas Kebudayaan DIY ini akan ditutup pada hari jumat, 1 Oktober 2010,” pungkasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel