Berita

MUSIUM PERANG DUNIA KE-II DIBANGUN DI MOROTAI

Dibaca: 17 Oleh 30 Des 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

TNI AU dalam hal ini Koopsau II menyiapkan lahan 20 Ha di Pangkalan TNI AU Leo Wattimena Morotai untuk membangun musium Perang Dunia ke-II dan musium Trikora. Kesepakatan penandatanganan MOU oleh Pangkoopsau II dengan Dirjen pelestarian cagar budaya dan permusiuman, dilaksanakan di Makoopsau II, Senin (30/12).

Dalam sambutannya, Pangkoopsau II Marsda TNI Agus Supriatna mendukung sepenuhnya musium tersebut sebagai simbolisasi yang bernialai heroik. Baik Indonesia sebagai salah satu negara di Asia Pasifik yang turut memberikan konstribusinya dalam mengakhiri perang tersebut, maupun sebagai bentuk penghargaan para pejuang Trikora dalam pembebasan Irian Barat.

Sementara itu Dirjen pelestarian cagar budaya dan permusiuman DR. Herry Widiyanto menegaskan bahwa pembangunan musium tersebut sebagai perintah Bapak Presiden SBY sewaktu melakukan Sail Morotai beberapa bulan lalu. Lebih lanjut dikatakan, bahwa pembangunan musium itu akan di desain dengan pembangunan yang lebih modern sehingga dapat merevitalisasi anggapan masyarakat terhadap musium yang hanya menonjolkan benda-benda purbakala semata, tapi lebih dari itu akan mereduksi pandangan tersebut menjadi musium Perang Dunia ke-II di morotai terkesan mewah yang histeristie sehingga dapat dijadikan komoditi wisata mancanegara. 

Baca juga:  Jadikan 2017 Tahun Bersih-bersih dari Korupsi di Jajaran TNI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel