TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Napak Tilas Serangan Udara Pertama 1947 Kasau : Jadikan Motivasi dan Pedoman Pelaksanaan Tugas

By 29 Jul 2018Berita
IMG-20180729-WA0020

TNI AU.   Yogyakarta-Dispenau (29/7). Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meminta agar nilai-nilai semangat dan keberanian para kadet penerbang dalam operasi serangan udara terhadap Belanda pada 29 Juli 1947 di Semarang , Salatiga dan Ambarawa dijadikan sebagai motivasi dan pedoman para prajurit TNI AU saat ini dalam pelaksanaan tugas.

“Nillai-nilai perjuangan yang terkandung dalam peristiwa 71 tahun lalu ini, harus senantiasa jadi pedoman bagi setiap insan Swa Bhuwana Paksa dalam melaksanakan tugas untuk meneruskan cita-cita perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Udara” demikian dikatakan Kasau saat menyaksikan simulasi terbang napak tilas operasi serangan udara pertama oleh para kadet penerbang di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (29/7/2018).

Kasau menjelaskan, TNI AU patut bersyukur serta bangga kepada para senior dan perintis TNI AU yang telah mampu mewariskan nilai-nilai kepahlawanan. Menurut Kasau, semangat yang ditunjukkan para kadet penerbang, merupakan cerminan betapa pengabdian mereka kepada TNI AU maupun bangsa Indonesia sangat tinggi.

“Kepada prajurit TNI Angkatan Udara, saya harapkan dapat mencontoh dan meneladani semangat mereka, tanamkan dalam dada, tidak boleh luntur dari masa ke masa” ujar Kasau.

Operasi serangan udara pertama pada 29 Juli 1947 oleh tiga kadet yaitu Mulyono, Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani merupakan aksi balasan terhadap agresi militer Belanda yang membumihanguskan pangkalan udara di Jawa dan Sumatera.

Ketiga kadet pemberani tersebut menggunakan pesawat Guntei dan dua pesawat Churen yang merupakan pesawat rampasan dari tentara Jepang.

Aksi heroik ini telah mampu mengangkat martabat dan kehormatan bangsa Indonesia di mata dunia Internasional, sekaligus menegaskan bahwa Angkatan Udara masih ada di wilayah Republik Indonesia.

Napak Tilas Serangan Udara Pertama 1947 Kasau : Jadikan Motivasi dan Pedoman Pelaksanaan Tugas