Berita

NASIONALISME TONGGAK DASAR PERJUANGAN BANGSA

Dibaca: 108 Oleh 17 Mei 2013Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Pada bulan Mei ini, bangsa Indonesia memperingati hari kebangkitan nasional yang merupakan tonggak dasar dari perjuangan rakyat Indonesia untuk menuju kemerdekaan serta terbebas dari penjajahan. Budi Utomo yang menjadi organisasi bangsa saat itu, telah menyadarkan kepada rakyat Indonesia tentang hakekat nasionalisme sehingga arah perjuangan bangsa tidak bersifat kedaerahan dan puncaknya dengan diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Demikian sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI I.B. Putu Dunia yang dibacakan oleh Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Prasetya Halim, selaku Inspektur Upacara pada Upacara Tujuh Belasan di Apron Base Ops Lanud Rsn, Jumat (17/5).

Lebih lanjut Kasau menyampaikan bahwa, setiap komponen bangsa dan anak bangsa dituntut memiliki semangat nasionalisme tinggi, yang mengedepankan kepentingan bangsa di atas segalanya serta tidak mementingkan diri sendiri maupun kelompok. Oleh karenannya Kasau mengingatkan bahwa semangat nasionalisme bagi bangsa Indonesia, dimasa kini dan masa depan tetap relevan. Pada akhir amanatnya Kasau juga menyampaikan bahwa, dengan melihat sejarah masa lalu, kita secara tidak langsung melakukan kontemplasi bahwa para pendahulu telah meletakkan pondasi perjuangan untuk menghadapi setiap tantangan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Sejarah menjadikan kita lebih arif, karena realitas masa lalu merupakan pengalaman yang tidak ternilai untuk dijadikan “cermin” dalam menatap perjalanan kedepan”, demikian ditegaskan Kasaau

Baca juga:  UPACARA ZIARAH MEMPERINGATI HUT KOOPSAU TAHUN 2009 DI BIAK

Upacara Bendera Tujuh Belasan di Lanud Roesmin Nurjadin ini diikuti oleh seluruh anggota jajaran beserta Insub, adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Pnb Idam Satria, sedangkan pengucap Sapta Marga adalah Serda Pasaribu, Pengucap 8 Wajib TNI adalah Prada Medi serta pegucap Panca Prasetya Korpri PNS Nur Ali.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel