Berita

Natal Akbar Masyarakat Tabi Tampilkan Nilai Adat di Papua

By 18 Dec 2018 January 4th, 2019 No Comments
FOTO-BERSAMA-NATAL-TABI-20-12-2018
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.          Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han), bersama para Kadis dan anggota Lanud Silas Papare hadiri Perayaan Natal Akbar Masyarakat Tabi tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Sentani, Kabupaten Jayapura akan digelar 20 Desember 2018.

“Pada 20 Desember tersebut masyarakat berbondong – bondong datang, berkumpul di lapangan Theis Hiyo Eluay dan dilanjutkan berjalan kaki menuju Kantor Bupati Jayapura, di Gunung Merah,” kata Ketua Umum Perayaan Natal Masyarakat Tabi, Jhon Manangsang Wally di Kediaman Ramses Ohee, Kamis (20/12).

Jhon Manangsang Wally mengatakan, perayaan Natal Akbar Masyarakat Tabi bukan natal biasa, ini sebagai perayaan mengucapkan rasa syukur dan suka cita kelahiran tuhan Yesus di tanah Tabi, sehingga berbeda dengan ibadah biasanya dan juga dibawa dengan nilai wilayah yang ada di Tabi.

“Dalam Natal Akbar itu, digunakan dari nilai adat di lima wilayah adat di Tabi, dari alam seperti daun sagu, daun kelapa dan lain-lain, serta makanannya tidak ada beras, semua makanan asli serta pohon natal nanti dari sagu, karena sagulah pohon terang kami,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat Tabi telah menyadari tentang hidupnya, kondisinya, alamnya dalam hidup bersama-sama di tanah Tabi.

“Kita ingin kehidupan di tanah Tabi kehidupan yang harmonis, sehinga pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan yang diplomasi, semua suku yang ada di tanah Tabi marilah hidup bersama-sama dengan damai dan saling menghargai, terutama menghargai nilai adat yang ada di tanah Tabi,” imbuhnya.

Leave a Reply