Berita

“New Normal”, Sikap dan Langkah Puspomau

Dibaca: 201 Oleh 04 Jun 2020Tidak ada komentar
“New Normal”, Sikap dan Langkah Puspomau
#TNIAU 

TNI AU.   Babak baru dalam perlawanan terhadap Covid-19 telah dimulai. Tatanan kebijakan “New Normal” dari pemerintah pusat pelan-pelan diterapkan sebagai bagian dari upaya dalam menyadarkan masyarakat Indonesia, bahwa roda sosial dan ekonomi harus tetap berjalan ditengah pandemi Covid-19 yang ada. Puspomau, sebagai salah satu komponen dan unsur TNI Angkatan Udara, turut mengambil sikap dalam kebijakan New Normal tersebut.

Danpuspomau, Marsma TNI Agung Handoko, S.H., M.M., M.H., menekankan kembali betapa pentingnya menjaga kebersihan diri juga lingkungan sebagai upaya bersama, khususnya dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, dalam apel khusus menyambut Idul Fitri 1441 H / 2020 M (26/05/2020) pekan lalu tanpa disertai adanya halal bi halal sebagaimana tahun sebelumnya.   Menindak lanjuti hal ini, Flightma Puspomau, dalam hal ini Danflightma Puspomau, Mayor Pom Agust Leonardo S. M. I. P., S.H., M.H., sebagai supervisi dan pelaksana internal Puspomau, telah menyusun protap baru tata kedinasan di dalam lingkup ksatrian atau Mako Puspomau.

Protokol Kesehatan seperti social dan atau physical distancing, penggunaan masker, membekali diri dengan hand sanitizer, cuci tangan dengan sabun disertai air yang mengalir, sarung tangan pada saat berkendara motor, pengecekan suhu tubuh dengan thermo-gun dan penyemprotan dis-infectan menjadi menu wajib yang harus dipatuhi dan dilaksanakan selama pandemi berlangsung.  Beberapa langkah lain yang diambil sebagai bentuk dukungan New Normal antara lain penggunaan face shield pada saat pelayanan publik atau pun pemeriksaan dalam proses penyidikan, pemberian tanda jalur didalam gedung, pengaturan kembali jam kerja personel (menjadi 2 shift dalam 1 hari kerja), pelaksanaan ibadah di masjid Puspomau dengan pemberian tanda batas antar jama’ah, melanjutkan binsik siang dengan tetap mengedepankan aspek protokol kesehatan dan juga kondisi personel, pembatasan jumlah personel dalam satu ruangan (3-4 orang sesuai dengan protap yang telah ditentukan), menggunakan tangga untuk arah naik dan turun sesuai dengan petunjuk yang telah dipasang, penggunaan ruang fitness maksimal 2 orang secara bergantian dan beberapa ketentuan lainnya yang telah dirangkum dalam satu protap baku dan menjadi pegangan personel Puspomau. Disamping upaya diatas, mandi matahari atau berjemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit juga tetap dilaksanakan dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. Demi menjaga dan menjamin keamanan serta kenyamanan dalam berolah raga, fasilitas olah raga yang berada di Puspomau, diperuntukkan hanya untuk keluarga besar personel Puspomau.   

Sosialisasi dan edukasi perihal New Normal akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Hal ini, sebagai wujud dukungan Puspomau terhadap program pemerintah dan sekaligus mengajak kepada tiap-tiap individu, khususnya personel Puspomau dan keluarga, untuk bersama-sama menyadari bahwa setiap komponen bangsa harus tetap menjalankan perannya ditengah pandemi yang ada, baik dalam sektor perekonomian, industri, pangan, maupun komponen lainnya guna mendukung pemerintah dalam menjaga daya dan fungsinya untuk menyelamatkan kehidupan warga dan mencegah efek domino yang berdampak kepada kekacauan sosial karena merosotnya ekonomi sebagai akibat terhentinya aktivitas ekonomi dalam kurun waktu yang belum bisa dipastikan batasnya.

Tugas dan kewajiban Pomau, selaku penegak hukum di wilayah dan lingkungan TNI Angkatan Udara, akan tetap berjalan sesuai koridor dan tataran kewenangan hukum yang berlaku namun berbalut kebijakan New Normal yang ada disertai pedoman protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. 

“New Normal”, Sikap dan Langkah Puspomau

“New Normal”, Sikap dan Langkah Puspomau

Baca juga:  Taklimat Akhir Tim Wasrik Itjenau Di Lingkungan Korpaskhas

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel