Berita

Ngurah dinyatakan lulusan terbaik, tepat di hari ulang tahunnya.

Dibaca: 28 Oleh 07 Nov 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Komandan Komando Pendidikan Angkatan Udara, Marsekal Muda TNI M. Nurullah S.IP menutup pendidikan Sekolah Penerbang Perwira Sukarela Dinas Pendek atau Pendidikan PSDP Angkatan ke-27, Kamis (6/11) di Wisma Adisutjipto. Berdasarkan Skep Dankodik No Kep/547/XI/2014 tanggal 3 November 2014, ke 15 perwira muda tersebut terbagi menjadi dua matra yaitu 10 orang Matra Darat dan 5 orang yang tersisa masuk Matra Udara. Selanjutnya besok para perwira muda tersebut akan dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dalam suatu upacara militer yang dikenal dengan Praspa dan Wisuda Penerbang.

Sekolah Penerbang PSDP Angkatan ke 27 tersebut berlangsung selama 36 bulan sejak 1 Nopember 2011 dan hingga bulan Nopember 2014. Selama menjalani pendidikan, para perwira muda ini sebelum dinyatakan lulus wajib melalui tahapan pendidikan yaitu Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarjurit), Pendidikan Dasar Golongan Perwira atau yang disebut Diksargolpa dan dilanjutkan dengan Pendidikan Terbang yang merupakan tahap akhir yang dilaksanakan di Lanud Adisutjipto. Secara keseluruhan mereka telah menyelesaikan jam terbang rata-rata 180 jam terbang dengan menggunakan pesawat AS-202 Bravo dan T-34 Charlie.

Baca juga:  Danlanud Wiriadinata Hadiri Pembukaan Kejuaraan Bulutangkis Kapolres Tasikmalaya Kota Open ke-1 Tahun 2019

Ke lima perwira muda yang masuk ke matra Udara tersebut dibagi menjadi 3 jurusan yaitu 3 penerbang Heli, 1 tempur dan 1 angkut. Selanjutnya mereka akan ditempatkan di Skadron Udara yang berbeda, yaitu untuk penerbang Heli di Skadron Udara 7 ADM, Skadron Udara 8 Bogor dan Skdaron Udara 6 Suryadarma. Untuk penerbang tempur akan berdinas di Skadron Udara 21 Malang dan penerbang angkut di Skadron Udara 4 Malang. Sedangkan untuk para penerbang Angkatan Darat setelah kelulusan selanjutnya diserahkan Kodiklat AD.

Lulusan terbaik pada Sekolah Penerbang PSDP Angkatan 27 adalah Letda Pnb I Gede Ngurah Yudhistira Surya P. Ijazah yang diterima hari ini merupakan kado terindah ulang tahunnya yang ke-24. Yang mana dia dilahirkan tepat tanggal 6 Nopember 1992 di Bali. Putra dari pasangan I Nyoman Suarsana dan Sri Nuryani yang merupakan anggota Polri ini merampungkan pendidikan dari SD sampai SMA di Singaraja Bali. Ngurah merupakan putra kedua dari tiga bersaudara.

Dalam sambutannya, Dankodikau berpesan agar pengetahuan, ketrampilan dasar bidang penerbangan militer yang telah diperoleh dalam pendidikan ini, harus benar-benar dihayati dan diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas nantinya, sehingga para mantan siswa mampu melaksanakan tugas operasi penerbangan dengan optimal. Komandan Kodikau juga berpesan kepada penerbang muda untuk selalu meningkatkan profesionalisme dan skill sebagai penerbang, harus senantiasa belajar dan berlatih setiap saat sehingga nantinya siap melaksanakan tugas di udara maupun dalam menghadapi dunia penerbangan pada umumnya.

Baca juga:  Danseskoau Apresiasi Seminar Internasional Seskoau

Sebelum acara Tupdik berakhir, 15 penerbang PSDP tersebut menerima Ijazah kelulusan yang diserahkan oleh Dankodikau selaku Irup Upacara Tupdik.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel