Berita

Nuzulul Qur’an di Ats

Dibaca: 8 Oleh 30 Agu 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Peringatan Nuzulul Qur’an 1431 Hijriyah telah dilaksanakan di masjid Attaqwa Lanud Atang Sendjaja, Kamis (26/8) malam, di hadiri langsung Komandan Lanud Ats Marsma TNI Sunaryo, Ketua PIA AG Cab 3 D I Lanud Ats Ny Ismi Sunaryo, para pejabat Lanud Ats dan Wingdikum, serta keluarga besar TNI AU yang berdomisili di sekitar Lanud Ats.

Bertindak selaku penceramah Ustadz Drs. H. Suharto Muklis dan peringatan yang bertema, ”Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1431 H/ 2010 Masehi Kita Mantapkan Disiplin, Profesionalisme dan Militansi Prajurit TNI Demi Suksesnya Tugas Pokok,” ini dilaksanakan setelah Shalat Tarawih.

Dalam sambutannya Danlanud Ats mengharapkan dapat terwujud perubahan pola pikir, pola sikap dan tingkah laku yang selaras dengan pedoman Al Qur’an maupun Al Hadist khususnya kepada keluarga besar Lanud Ats, agar tercipta harmonisasi hidup dan pengabdian yang sempurna selaku personel TNI Angkatan Udara.

Menurutnya. ibadah saum dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan yang penuh rakhmat dan hidayah itu, bertujuan melatih dan meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan umat Islam, terutama dalam pengendalian hawa nafsu dan mental serta moral.

Baca juga:  PMI Pekanbaru Beri Penghargaan ke Lanud Roesmin Nurjadin

“Di pertengahan Ramadhan, Allah SWT menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah SAW melalu Malaikat Jibril untuk dapat dijadikan pedoman hidup dunia maupun akhirat bagi seluruh umat Islam, karena itu baca dan hayati serta laksanakan petunjuk yang ada di dalamnya, guna kemaslahatan hidup“ tuturnya.

Sementara dalam tausiahnya, Ustadz Drs H. Suharto Muklis mengatakan bahwa muara dari ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan seperti antara lain; zakat, I’tikaf, membaca Al Qur’an adalah upaya peningkatan ketaqwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Orang yang bertaqwa, jelasnya adalah orang yang selalu merasa takut akan perbuatan-perbuatannya yang tidak sesuai dengan ridho Allah SWT, dan juga sekaligus selalu yakin akan petunjuk dan kebesaran Allah SWT.

Penceramah juga menyampaikan awal turunnya Al Qur’an dan menurutnya ayat pertama yang turun adalah Surat Al Alaq, yang berisi petunjuk kepada umat Islam untuk selalu membaca Al Qur’an. “Insya Allah dengan ikhlas membaca Al Qur’an, maka berbagai penyakit manusia dapat disembuhkan dan manusia tersebut akan selalu berada dalam ridho Allah SWT,” jelasnya.

Baca juga:  LATIHAN BERSAMA 18 NEGARA PACIFIC AIR RALLY 2007 BERAKHIR

Dalam rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an tersebut, juga telah di berikan berbagai penghargaan perlombaan yang digelar dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadhan oleh Taman Pengajian Al Qur’an (TPA Attaqwa), seperti antara lain; perlombaan menghapal ayat-ayat pendek, perlombaan mengumandangkan adzan subuh, serta khatam Al Qur’an.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel