TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer Tahun 2019 Digelar di Wilayah Sulawesi Selatan

By 15 Feb 2019 Berita
IMG_20190215_110709

TNI AU.  Operasi penegakan ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Polisi Militer tahun 2019 di wilayah Sulawesi Selatan, Jumat (15/2) resmi dibuka oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi di hangar Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin dengan upacara secara sederhana dan penuh khidmat.

Dalam sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. yang dibacakan Pangkoopsau II menyampaikan bahwa Operasi Gaktib dan Yustisi merupakan salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit yang memahami dan mematuhi hukum, tidak hanya di masa perang tetapi juga di masa damai.

“Dalam mengantisipasi meningkatnya kejahatan menggunakan media sosial dan media elektronik (kejahatan Cyber dan ITE) prajurit POM TNI harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Hal itu bertujuan untuk mencegah dan menindak kejahatan dimaksud, guna membentengi pengaruh negatif media sosial serta menjaga nama baik TNI dari penyebaran berita palsu (hoax),” tambah Panglima TNI.

Selanjutnya disampaikan juga Polisi Militer harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap hukum dan setiap aturan yang berlaku dan diharapkan seluruh Polisi Militer memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas di lapangan, jangan bersikap arogan di lapangan, namun tetap tegas dan tidak ragu-ragu.

“Berdasarkan hasil evaluasi Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer tahun 2018 masih menunjukkan kenaikan terhadap beberapa kasus seperti, desersi, mangkir, pelanggaran disiplin dan pelanggaran lalu lintas. Namun masih ada hal-hal positif yaitu menurunnya kasus narkotika, psikotropika, penyalahgunaan senpi, handak dan perkelahian antara TNI, Polri dan masyarakat, hal ini menjadi pertimbangan pimpinan TNI untuk tetap melanjutkan Operasi Gaktib dan Yustisi,” lanjut Panglima TNI.

Upacara gelar Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2019 ini ditandai dengan penyematan tanda Operasi Gaktib dan Yustisi kepada perwakilan prajurit penegak disiplin dari POM TNI AD, AL, dan AU, dilanjutkan dengan pengucapan tekad untuk patuh terhadap hukum dan disiplin, memerangi penyalahgunaan narkoba dan meniadakan segala bentuk pelanggaran prajurit.

Upacara gelar pasukan ini melibatkan ratusan personel gabungan Polisi Militer dari POM TNI AD, AL, AU dan Polri serta dihadiri oleh Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Andi Heru Wahyudi, Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistijono, Kas Koopsau II Marsma TNI Age Wiraksono, para pejabat Kodam XIV/Hsn, Koopsau II, Lantamal VI Makassar, Polda Sulawesi Selatan dan Lanud Sultan Hasanuddin.

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer Tahun 2019 Digelar di Wilayah Sulawesi Selatan