Berita

Operasi hujan buatan atasi kekeringan, “TNI ANGKATAN UDARA KERAHKAN TIGA PESAWAT”

Dibaca: 31 Oleh 27 Agu 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Untuk mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan hujan buatan, TNI Angkatan Udara telah mengerahan tiga pesawat, yaitu satu pesawat angkut sedang CN-295 dengan nomor registrasi A-2901 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan dua pesawat angkut ringan C-212 Kassa nomor registrasi A-2105 dan A-2107 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrakhman Saleh, Malang.

Ketiga pesawat tersebut ditempatkan di tiga titik yang berbeda, yaitu pesawat CN-295 A-2901 di Lanud Halim Perdanakusma, Jakarta, sementara pesawat Kassa A-2105 di tempatkan di Lanud Supadio Pontianak Kalimanan Barat dan Kassa A-2107 di Lanud Palembang Sumatera Selatan. Ketiga pesawat tersebut, akan melaksanakan tugas dalam program Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengatasi kekeringan maupun kebakaran hutan.

Rentang waktu pelaksanaan operasi hujan buatan yang diemban oleh tiga pesawat TNI AU ini mulai Agustus hingga November 2015, dengan daerah operasi Jabodetabek (pesawat A-2901), sementara untuk pesawat Kassa A-2105 daerah operasinya meliputi kota Pontianak dan wilayah Kalimantan Barat, dan untuk pesawat Kassa A-2107 daerah operasi meliputi Palembang dan Sumatera Selatan.

Baca juga:  Kedatangan Pesawat Tempur F-16 dari Madiun dan USAF di Lanud Sam Ratulangi

Program TMC sendiri merupakan program pemerintah, yang ditujukan untuk mengurangi kekeringan akibat dampak Elnino yang masih terus berlangsung, maupun kebekaran hutan. Program TMC melibatkan beberapa institusi, meliputi TNI Angkatan Udara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Hingga hari ini, Rabu 26/8) pesawat TNI AU yang dikerahkan, sudah beberapa kali melakukan penerbangan menaburkan garam. Untuk pesawat Kassa A-2105 yang di tempatkan di Lanud Supadio Pontianak, sudah melaksanakan delapan belas sortie (penerbangan), sementara untuk pesawat Kassa A-2107 yang di tempatkan di Lanud Palembang satu sortie dan untuk pesawat A-2901 yang di Lanud Halm Perdanausuma Jakarta baru akan melaksanakan penerbangan hari ini, Rabu (26/8).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel