Berita

Operasi Patroli Udara Flight Pesawat Tempur Hawk 109/209 Skadron Udara I Di Wilayah Sulawesi Tenggara

Dibaca: 45 Oleh 23 Sep 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

5 Pesawat tempur jenis Hawk 109 dan 209 milik Skadron Udara-1 Elang Khatulistiwa, dan dua pesawat Hercules C-130, satu flight pesawat Hawk 109/209 tersebut melaksanakan operasi Patroli Udara dengan sandi “Elang Jelajah” siap terbang dari landasan pacu Lanud Wolter Monginsidi, Kendari, Sultra. Operasi tersebut merupakan bagian dari salah satu tugas dan tanggung jawab dari Koopsau II pada umumnya, serta Skadron Udara I khususnya yang merupakan salah satu unsur tempur di bawah Koopsau I. Kekuatan Skadron Udara I Elang Khatulistiwa ditunjang oleh pesawat tempur Hawk jenis 109/209 yang berada di Lanud TNI AU Supadio, siap membantu menjaga wilayah RI di Sulawesi Tenggara, Selasa (22/09).

Skadron Udara I menyiapkan 5 pesawat Hawk 109/209 guna mendukung terlaksananya Operasi “Elang Jelajah” ini. Skadron Udara I yang ber-home base di Pangkalan TNI AU Supadio, Pontianak, dan merupakan salah satu Lanud Induk di TNI AU, bertugas untuk melaksanakan operasi yang bersifat penangkalan dan penindakan terhadap ancaman – ancaman yang melewati batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Operasi yang dimulai dari hari Senin tanggal 21 Oktober 2015 sampai dengan hari Rabu tanggal 23 September 2015 untuk menyelenggarakan penegakan hukum di wilayah udara yurisdiksi nasional.

Baca juga:  TIM TENIS MAKO KORPASKHAS JUARA II PADA KEJUARAAN TENIS HUT KE-69 TNI

Komandan Lanud Wolter Monginsidi Letkol Pnb Rizaldy Efranza, S.T. mengatakan, “Operasi “Elang Jelajah” yang dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara I, yaitu Letkol Pnb Bagus Hariyadi, menggunakan profile penerbangan Medium – Low – Medium. Maksud dari profile tersebut adalah bahwa flight Hawk 109/209 yang melaksanakan patroli udara, akan turun pada ketinggian rendah pada jarak tertentu dari sasaran. Setelah itu flight Hawk 100/200 tersebut melaksanakan patroli dan pengamatan terhadap objek – objek yang ada di wilayah perbatasan Indonesia”.

Dilanjutkan, Dalam latihan ini Skadron Udara I mengerahkan 5 pesawat Hawk 109/209 dan didikung oleh 86 personel. Keberangkatan personel ke Lanud Wolter Monginsidi menggunakan 2 pesawat Hercules C-130. masing-masing dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32.

Pelaksanaan operasi patroli udara ini dibantu adanya koordinasi dengan pihak, antara lain dari Skadron Udara 31 dan 32 serta sinergitas TNI Polri Sultra. Koordinasi yang dilaksanakan dengan satuan – satuan tersebut serta adanya perencanaan yang baik, sehingga diharapkan Operasi Patroli “Elang Jelajah” dapat dilaksanakan dengan baik, aman, dan lancar.

Baca juga:  Kohanudnas Peringatan Hut Ke- 55

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel