TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Operasi Penegakan Disiplin Dan Tata Tertib Di Lanud Sjamsudin Noor

By 02 Apr 2015 13:54Berita
c130_hercules_indonesian_air_force_approaching

Satuan Polisi Militer Lanud Sjamsudin Noor secara mendadak Melaksanakan kegiatan operasi Penegakkan Tata Tertib, Disiplin, dan Lalu lintas (Gaktiblin) atau yang sering kita kenal dengan kata Sweeping, bertempat di jalan Hercules tepatnya di jalan depan rumah sakit Lanud Sjamsudin Noor. Operasi Gaktiblin atau Sweeping ini dipimpin langsung oleh Lettu Pom Gin gin Ginanjar yang menjabat sebagai Kasubsi Hartib Satuan Polisi Militer Lanud Sjamsudin Noor, Kamis (2/4).

Kegiatan operasi penegakan tata tertib dan disiplin ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI AU ke 69 yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 9 April 2015. Sasaran operasi Gaktiblin ini adalah pemeriksaan terhadap kelengkapan pribadi personil diantaranya adalah surat surat identitas diri yang terdiri dari KArtu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA), Pasring, Surat Ijin Mengemudi (SIM) (TNI/Sipil), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), kelengkapan kendaraan bermotor, penggunan helm standart, serta kelengkapan lainnya. Menurut Komandan Satpomau Lanud Sjamsudin Noor, Kapten Pom Viride Sukma Susila yang disampaikan melalui Kasubsi Hartib Satpomau Lanud Sjamsudin Noor Lettu Pom Gin Gin Ginanjar, bahwa operasi penegakan disiplin dan tata tertib ini dilaksanakan selain dalam rangka menyambut HUT TNI AU ke 69, namun operasi semacam ini juga dlaksanakan secara rutin dan terjadwal, namun waktu pelaksanaannya dilakukan secara rahasia dan mendadak dengan harapan, efek dari pendadakan ini dapat memberikan dampak psikologis bagi personil untuk selalu disiplin, patuh dan taat kepada aturan, tata tertib, serta Hukum yang berlaku.

Dengan adanya kegiatan ini pula diharapkan setiap personel Lanud Sjamsudin Noor menjadi tahu, mengerti dan sadar untuk dapat melaksanakan semua tata tertib, peraturan, dan Hukum yang berlaku. Bagi anggota yang kedapatan melanggar akan diberikan surat tilang sesuai dengan jenis pelanggarannya dan akan dicatat serta dilaporkan kepada atasannya untuk diberikan sanksi baik berupa teguran lisan maupun tindakan disiplin. Selain itu ada atau tidaknya pelanggaran yang dilakukan, Satpom Lanud SAM akan tetap membuat laporan ke Komando atas sebagai bahan masukan pada pimpinan dalam menentukan kebijakkan selanjutnya.

Sebelum pelaksanaan Operasi Penegakkan Disiplin dan Tata Tertib (Sweeping) ini juga telah dilaksanakan operasi bulan disiplin yang dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 28 Maret 2015 yang termasuk dalam rangkaian peringatan HUT TNI AU ke 69 tahun 2015.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Operasi Penegakan Disiplin Dan Tata Tertib Di Lanud Sjamsudin Noor