TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Operasi Serigala PGT Kenang 53 Tahun Operasi Trikora, Korpaskhas Gelar Napak Tilas dan Baksos

By 16 Feb 2019 Berita
IMG-20190216-WA0025

 

SORONG, DISPENAU.   Mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda di Papua yang dikenal dengan operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) 53 tahun silam, Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara menggelar kegiatan napak tilas atas jasa-jasa prajurit PGT-AURI (Pasukan Gerak Tjepat Angkatan Udara Republik Indonesia) yang melaksanakan operasi lintas udara untuk melaksanakan penerjunan di daerah Sorong, Teminambuan, Papua Barat, Kamis (15/2/2019).

Peristiwa heroik operasi lintas udara Trikora dengan sandi Operasi Serigala menerjunkan sebanyak 81 prajurit PGT-AURI (sekarang Korpaskhas). Pada operasi inilah tonggak sejarah pengibaran bendera Merah Putih di wilayah Irian Barat untuk pertama kali terjadi.

Sebelum pelaksanaan kegiatan napak tilas, diawali dengan rangkaian kegiatan bakti sosial kesehatan pengobatan secara gratis, pemberian kacamata secara gratis kepada masyarakat, dan penyerahan bantuan untuk rumah ibadah masjid dan gereja berupa semen, sajadah, keyboard, sound system dan mixer.

Pada bakti sosial kesehatan sebanyak 450 warga masyarakat berobat dari target rencana pengobatan 1000 orang. Sementara pada bakti kesehatan pengobatan mata, warga yang berobat dan mendapat kacamata secara gratis sebanyak 210 warga masyarakat dari target awal 320 orang. Untuk tenaga dokter dan tenaga medis dari Korpaskhas ditambah satu dokter dari pemerintah daerah.

Tempat ibadah yang mendapat sumbangan diantaranya Musala Al Mu’minin 150 sak semen, Musala SMK Kesehatan Yapis 50 sak, Masjid Kajase 100 sak, Masjid Darul Ulum 50 sak, Masjid Arrahman Karpet, Pure 50 sak, Gereja Tiberias 50 sak, Gereja El Shaday 50 sak, Gereja Alfa 50 sak, Gereja Markus Kohoin 50 sak, Gereja Katolik 100 sak, Gereja Srer 150 sak, Gereja Sria 100 sak ditambah keyboard, sound system, dan mixer. Tempat ibadah tersebut berada di Kabupaten Sorong yang sebelumnya telah didata berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Rencana kegiatan napak tilas Operasi Serigala hari ini, Minggu (16/2/2019) akan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., pejabat tinggi TNI Angkatan Udara, Dankorpaskhas Marsekal Muda TNI Eris Widodo beserta staf dan juga dihadiri mantan Kasau Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, serta beberapa mantan Komandan Korpaskhas.

Adapun kegiatan pada acara puncak yaitu ziarah ke Taman Makam Pahlawan Tribuana, drama kolosal pelaksanaan Operasi Serigala, penerjunan free fall sebanyak 81 prajurit Korpaskhas, serta peletakan batu pertama renovasi pembangunan Tugu Merah Putih oleh Kasau.

 

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Operasi Serigala PGT Kenang 53 Tahun Operasi Trikora, Korpaskhas Gelar Napak Tilas dan Baksos