Berita

OPTIMALISASI PERAN TNI, WUJUD KONTRIBUSI NYATA TNI

Dibaca: 20 Oleh 21 Jul 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Optimalisasi peran TNI sama sekali bukan bentuk ”ekspansi” TNI seperti di masa lalu, untuk mencampuri atau mengambil alih peran dan tugas pokok institusi lain, demikian dikatakan oleh Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dalam amanat upacara 17 an yang dibacakan oleh Direktur Pendidikan Seskoau Kolonel Pnb Yadi Husyadi di lapangan apel Seskoau Lembang Bandung Barat. (19/7)


Selanjutnya menurut Panglima, Optimalisasi peran TNI semata-mata panggilan moral dan fungsional TNI, dalam rangka menunaikan tugas kemitraan atau tugas perbantuan TNI kepada institusi atau lembaga lain, apabila diperlukan sesuai dengan kemampuan dan batas kemampuan TNI, seperti pelaksanaan TMMD dan manunggal KB- Kesehatan serta membantu penanggulangan bencana alam yang telah berjalan selama ini. Dilain pihak komitmen untuk terus menjaga dan menjunjung tinggi komitmen Netralitas TNI dari segala bentuk kegiatan politik praktis, dan senantiasa membina kemanunggalan TNI-Rakyat selalu menjadi penekanan bagi setiap prajurit dimanapun bertugas dan berada., demikian dikatakan panglima TNI.


Pada kesempatan yang sama Panglima juga mengingatkan kepada seluruh personel TNI agar mencermati isu yang sedang berkembang saat ini yaitu isu hak pilih TNI yang kembali mengemuka dan menjadi bahan pembicaaraan elit politik dan masyarakat luas, namun bagi TNI masalah hak pilih sudah menjadi komitmen, sesuai amanah Undang Undang Nomor 34 tahun 2004 pasal 39 yang menegaskan bahwa TNI tidak boleh berpolitik praktis dan harus berada pada posisi netral. Untuk itu sekali lagi Panglima TNI menegaskan kepada seluruh prajurit agar tidak terbawa arus polemik mengenai masalah hak pilih TNI. Hadir pada upacara kali ini, Para Pejabat dan Patun Seskoau, Pasis Seskoau angkatan 47 dan seluruh anggota Seskoau. (Hrz)

Baca juga:  LANUD PEKANBARU KIRIM PASUKAN TANGGULANGI GEMPA SUMBAR

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel