Berita

Pancasila Mengandung Nilai Dasar, Nilai Isntrumental dan Nilai Praktis

Dibaca: 120960 Oleh 18 Jun 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Untuk sekedar pencerahan saya ingin mengingatkan kembali bahwa Pancasila sebagai idiologi Negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung 3 (tiga) macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis. Pengertian nilai dasar adalah suatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat serta nilai keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demikian sambutan Panglima TNI yang dibacakan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Barhim, bertindak sebagai Irup pada upacara bendera 17-an di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Jumat (17/6) yang diikuti oleh seluruh militer dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Sultan Hasanuddin, beserta satuan Jajaran dan Batalyon 466 Paskhas.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan, nilai instrumental merupakan nilai yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan nilai-nilai dasar, nilai dasar belum dapat bermakna sepenuhnya apabila nilai dasar tersebut belum memiliki formasi dan parameter yang jelas dan konkret.

Baca juga:  Turnamen Golf KASAU dan APCI

Nilai instrumental yang berkaitan dengan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari, dikenal dengan sebutan norma moral, sedangkan nilai instrumental yang berkaitan dengan suatu organisasi atau Negara, maka nilai-nilai itu diwujudkan dalam arah kebijakan atau strategi yang dirumuskan selalu pada sumber pada nilai dasar.

Menyinggung masalah program kerja, Panglima TNI, menyampaikan, pelaksanaan program dan evaluasi program kerja dan anggaran, adalah merupakan alat kendali bagi satker yang bersangkutan guna kemajuan dan kendala yang dihadapi dalam pencapain program dan anggaran sehingga dapat meningkatkan kinerja satker yang bersangkutan dalam pelaksanaan anggaran pada periode berikutnya.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI menekankan agar seluruh satuan dijajaran TNI untuk segera menyusun laporan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran untuk semester satu secara bertanggung jawab, jujur, transparan, akuntabel dan tepat waktu. “Hal tersebut sebagai relisasi dari komitmen TNI dalam reformasi birokrasi, guna mendukung kebijakan pemerintah Clean Government dan Good Governance” tegas Panglima TNI.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel