Berita

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA DAN FALSAFAH HIDUP BANGSA INDONESIA

Dibaca: 739 Oleh 17 Jun 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar SE, bertindak selaku inspektur upacara pada upacara 17 an yang dilaksanakan di lapangan apel Seskoau Lembang Bandung Barat, Jum’at (17/6).

Dalam amanat yang dibacakan oleh Danseskoau, Panglima TNI mengatakan bulan Juni selau diawali dengan peringatan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu hari lahirnya Pancasila. Di tengah-tengah situasi semakin lemahnya tali perekat rasa kebangsaan maupun semangat nasionalisme bangsa Indonesia, timbul kesadaran para pemimpin dan tokoh nasional mengajak kita semua untuk merevitalisasi dan mengaktualisasi nilai nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tumbuhnya kesadaran akan arti pentingnya Pancasila yang disamping sebagai dasar Negara RI, ideologi dan falsafah bangsa Indonesia juga sebagai alat pemersatu bangsa dengan semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika”. Demikian menurut Panglima TNI, selanjutnya Panglima mengingatkan kembali bahwa Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung tiga macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis.

Baca juga:  Tim Kodiklatau Uji Teori I Validasi di Lanud Adi Soemarmo

Nilai dasar adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas dan berguna bagi manusia, sedangkan nilai instrumental adalah nilai yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan nilai nilai dasar dan yang terakhir nilai praktis merupakan pelaksanaan secara nyata dari nilai nilai dasar dan nilai instrumental tambah Panglima TNI.

Terakhir Panglima TNI mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI agar selalu menggali nilai nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila agar diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas sesuai dengan tupoksi masing masing termasuk dalam menjalankan kehidupan sehari hari, dengan demikian apa yang selalu di sebut sebut bahwa TNI sebagai pengaman dan pengawal Pancasila dapat terwujud dan bukan sekedar wacana.

Hadir pada upacara bulanan kali ini antara lain para pejabat, perwira penuntun, Pasis Seskoau angkatan 48 dan seluruh anggota Seskoau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel