Berita

PANEN RAYA PADI ORGANIK DI LANUD HALIM

Dibaca: 4 Oleh 28 Mei 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Dibalik kepiawaiannya menerbangkan pesawat ternyata Kolonel Pnb Sri Pulung D, SE. MMgt., Stud., juga memiliki kemampuan dalam bidang pertanian. Sebagai bukti nyata keahliannya tersebut, Kolonel Pnb Sri Pulung D., yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, bersama Komandan Wing I Lanud Halim, para Kadis dan para pejabat lainnya melaksanakan panen raya padi organik seluas enam hektar, Selasa, (28/5).

Sebelum melaksanakan panen raya Komandan Lanud Halim memberikan penjesan singkat tentang cara budidaya padi organik dengan kombinasi metode System of Rice Intensification (SRI) dengan Jajar Legowo 4×1. “Metode ini merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi yang terbukti mampu meningkatkan produktivitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air dan unsur hara serta penggunaan benih padi yg lebih hemat. Metode ini telah berhasil meningkatkan produktivitas padi sebesar 50 persen , bahkan di beberapa tempat mencapai lebih dari 100 persen” ujar Alumni AAU 1988

“Pertanian yang dikembangkan di sini berbeda dengan sistem cocok tanam oleh petani lain, dimana menggunakan pupuk hayati dan pestisida organik, namun hanya khusus menggunakan pupuk hayati dan pestisida organik , dengan demikian padi yang dihasilkan lebih sehat dibanding dengan menggunakan pupuk kimia” ujar lebih lanjut. Begitu pula hasil yang diperoleh, dengan luas lahan 1 hektar mampu menghasilan padi hingga 7 ton.

Baca juga:  2818 Pasien Dapat Pelayanan Kesehatan Baksos TNI AU

Disela-sela panen tersebut Kolonel Pnb Sri Pulung D., mengatakan, bahwa pada dasarnya pertanian merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati atau pemanfaatan lingkungan yang dilakukan oleh manusia baik secara mandiri maupun kelompok untuk menghasilkan bahan pangan. Untuk itu diharapkan, anggota lanud ada yang mau peduli dengan pertanian, manfaatkan waktu yang ada untuk berbuat yang positif.

Mengelola pertanian apabila dikerjakan secara profesional akan memberikan suatu kepuasan atau kebahagiaan, dimana dari hasil pertanian yang diperoleh disamping memberikan kepuasan tersendiri juga memberikan penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dalam rumah tangga. Dan Kedepan Lanud Halim P, akan memberikan pelatihan bagi anggota dan para penggarap yang mengerjakan lahan sawah yang ada dilingkungan lanud halim P. lanjut Kolonel Pnb Sri Pulung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel