Berita

Panen Sayur Hidroponik Di Lanud Balikpapan

Dibaca: 4 Oleh 07 Des 2016Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11 D/II Lanud Balikpapan Ny. Meili Ira Heddezul bersama Pengurus melaksanakan panen sayur yang ditanam dengan tehnik sistem hidroponik di belakang Mako Lanud Balikpapan. Selasa ( 6/12 ).

Menindaklanjuti program ketahanan pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, maka semua pihak harus melaksanakannya secara optimal, sehingga Lanud Balikpapan membuat program Rumah Pangan Lestari ( RPL ) dengan sistem tanam Hidroponik. Adapun media yang digunakan adalah peralon, busa dan air nutrisi, menggunakan 2 buah toren air yang besar, sehingga air mengalir secara terus menerus pada tanaman Hidroponik.

Adapun Jenis tanaman yang ditanam berupa sayuran sawi dan selada. Proses penanaman sangat mudah bila dibandingkan dengan ditanam dilahan tanah. Setelah bibit sudah bisa dipindahkan ke media busa yang ada di dalam paralon, setelah itu dialiri air yang sudah di beri nutrisi secara terus menerus. Dalam waktu 3 Minggu sayuran sudah dapat dipanen.

Panen Sayuran adalah hasil jerih payah yang dilakukan oleh anggota Lanud yang bertujuan untuk memberi contoh kepada warga bahwa menanam sayuran hidroponik dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah. Bertanam sayuran hidroponik dapat menghemat biaya rumah tangga dan hasil panen sayurannya dapat langsung dimanfaatkan secara segar.

Baca juga:  Komandan Lanud Mus Menghadiri Apel Gelar Operasi Lilin-Rencong Tahun 2018

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel