Berita

Pangkohanudnas Buka Forum Komunikasi dan Diskusi Hukum Udara

Dibaca: 4 Oleh 19 Jan 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda (Marsda) TNI Eddy Suyanto, ST membuka Forum komunikasi dan Diskusi masalah Penegakan Kedaulatan dan Hukum di Ruang Udara Nasional, bertempat di ruang Leo Wattimena Makohanudnas, Jakarta, (18/1). Acara yang dilaksanakan satu hari ini selain diikuti para pejabat Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan Udara, Kohanudnas dan Pangkosek juga diikuti oleh para pejabat Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan dan Maskapai Penerbangan.

 

Pangkohanudnas Marsda TNI Eddy Suyanto, ST dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam UU No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, Negara Kesatuan Republik Indonesia berdaulat penuh dan eksklusif atas wilayah udara Republik Indonesia. Terkait dengan hal tersebut maka pemerintah memiliki kewenangan untuk melaksanakan pengaturan ruang udara guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara, penerbangan dan ekonomi, serta keselamatan penerbangan nasional. Selain itu merujuk pada UU No. 34 tahun 2004, TNI dalam hal ini Kohanudnas memperoleh tugas dan tanggungjawab untuk menegakkan dan mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah udara di udara, serta melindungi segenap bangsa dari segala bentuk ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar.

Baca juga:  Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Padang Kunjungi Pusat Kerajinan

 

Marsda TNI Eddy Suyanto, ST, menambahkan bahwa Kohanudnas dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan hukum nasional dan internasional, begitu pula dalam mengambil langkah antisipatif diperlukan adanya perencanaan yang komprehensif yang tentu melibatkan instansi instansi terkait guna memaksimalkan tugas pokok yang diberikan. Melalui komunikasi dan diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan suatu kesepakatan atau produk yang sangat berguna bagi satuan sehingga dapat memberikan kemudahan dalam penugasan dilapangan sesuai bidang tugasnya masing-masing.

 

Pada forum komunikasi dan diskusi tersebut Kepala Hukum (Kakum) Kohanudnas Kolonel Pnb Supriabu, SH, MH memberikan paparan tentang prosedur permohonan ijin penerbangan bagi pesawat asing atau negara sahabat, yang dilanjutkan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Kas Kohanudnas Marsma TNI JFP Sitompul. Demikian keterangan yang diberikan Kapen Kohanudnas Mayor Sus Suharto, SH.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel