Berita

PANGKOHANUDNAS: KOSEKHANUDNAS III MEDAN, MILIKI POSISI SANGAT STRATEGIS DAN VITAL DI WILAYAH BARAT INDONESIA

Dibaca: 6 Oleh 20 Des 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kosekhanudnas III Medan, memiliki posisi yang sangat strategis dan vital bagi pertahanan udara di wilayah barat Indonesia, karena Kosekhanudnas III Medan merupakan salah satu komando pelaksana operasi pertahanan udara nasional yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara, serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritas, mulai dari propinsi Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Demikian kata Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda TNI FHB. Soelistyo, S.Sos pada upacara Serah Teima Jabatan Pangkosekhanudnas III Medan dari Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna kepada Kolonel Pnb Sungkono, S.E., M.SI di Apron Lanud Suwondo, Rabu (19/12).

Lebih lanjut, Pangkohanudnas mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab jabatan Pangkosekhanudnas III Medan tidaklah ringan, mengingat luasnya wilayah udara bagian barat Indonesia dan kerawanan kondisi Selat Malaka, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga dan menjadi jalur pelayaran Internasional serta jalur penerbangan yang sangat padat. Apalagi bila dihadapkan dengan masih terbatasnya kemampuan sistem senjata pertahanan udara yang digelar di wilayah ini. Untuk itu, perlu adanya koordinasi yang baik, dan kontinyu dengan semua unsur-unsur terkait lainnya.

Keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pertahanan udara, membutuhkan alutsista udara yang modern, personel yang profesional dalam mengawaki alutsista, doktrin ops hanud serta mekanisme komando dan pengendalian yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan personel personel yang memiliki disiplin, dedikasi, motivasi, integritas dan semangat juang yang tangguh dan profesional dalam mengawaki organisasi, sehingga Kosekhanudnas III Medan beserta seluruh jajarannya mampu secara bertahap dan berlanjut dapat lebih meningkatkan kemampuan operasionalnya dalam pencapaian tugas Kosekhanudnas III.

Setelah pelaksanaan sertijab Pangkohanudnas III Medan, dilaksanakan acara sertijab Ketua IKKT PWA Ranting 04 Kosekhanudnas III Medan dari Ny. Ayu Yuyu Sutisna kepada Ny. Ninik Sungkono yang dipimpin Ketua IKKT PWA Cabang BSV-Kohanudnas Ny. Ratih FHB. Soelistyo di Rapat Paripurna bertempat di Gedung Perkasa Fitnes Center.

Baca juga:  Hercules Lanud Abd Kirim Bantuan Peduli Asmat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel