TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkohanudnas Lantik Pangkosekhanudnas III Dan Danpusdiklathanudnas

By 16 Apr 2015 15:02Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja secara resmi melantik Kolonel Pnb Arif Mustofa, sebagai Pangkosekhanudnas III yang baru menggantikan Marsma TNI Supriharsanto dan Kolonel lek Akhmad Toha sebagai Danpusdiklathanudnas yang baru menggantikan Kolonel Pnb Palito Sitorus SIP, MM, yang dilaksanakan dalam satu upacara militer di lapangan Apel Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (16/4).

Dalam sambutannya Pangkohanudnas mengatakan bahwa Kosekhanudnas III merupakan salah satu ujung tombak Kohanudnas dalam melaksanakan operasi pertahanan udara nasional yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara, serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritas mulai dari Propinsi Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darusalam. Oleh karena itu, Kosekhanudnas III Medan memiliki posisi yang sangat strategis dan vital bagi pertahanan udara di wilayah barat Indonesia. Sesuai dengan mekanisme sistem pertahanan udara nasional, Pangkosekhanudnas III menerima pelimpahan wewenang dari Pangkohanudnas untuk melaksanakan pengendalian dalam penyelenggaraan operasi pertahanan udara di wilayahnya, serta pembinaan kesiapan dan kemampuan unsur-unsur hanud, baik aktif maupun pasif di jajarannya.

Lebih lanjut dikatakan, Tidak kalah penting peranan Pusdiklathanudnas dimana tugas yang dibebankan adalah untuk meningkatkan kualitas personel yang mengawaki alutsista dilingkungan Kohanudnas. Sebagaimana kita ketahui bersama Pusdiklathanudnas merupakan satuan pelaksanan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel organik maupun nonorganik yang berkedudukan di bawah pangkohanudnas. Olehkarena itu, pusdiklathanudnas mempunyai peranan yang sangat penting, bagi pembinaan para personel hanud dan diharapkan mampu menjadi tumpuan bagi pendidikan kualifikasi khususnya yang menangani sistem hanudna, tegasnya.

Sebelum menjabat Pangkosekhanudnas III Medan Kolonel Pnb Arif Mustofa yang merupakan alumni AAU 1988 menjabat Pamen Srenau, Sedangkan Marsma TNI Supriharsanto, yang merupakan alumni AAU 1984 selanjutnya menjabat sebagai Kepala Staf Kohanudnas sedangkan Danpusdiklathanudnas yang baru Kolonel Akhmad Toha adalah alumni AAU 1987 sebelumnya menjabat Askomlek Kas kohanudnas menggantikan Kolonel Pnb Palito Sitorus, SIP, M.M alumni AAU 1990 yang selanjutnya menjabat sebagai Danlanud Supadio. Hadir pada upacara sertijab Kas Kohanudnas Marsma TNI Barhim, Pangkosekhanudnas I,II,IV, para pejabat serta anggota Makohanudnas dan Kosekhanudnas I.

Usai pelaksanaan serah terima jabatan Pangkosekhanudnas III serta Danpusdiklathanudnas, dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04 Kosekhanudnas III Medan dari Ny. Ani Supriharsanto kepada Ny Arif Mustofa, dan jabatan ketua IKKT Pragati Wira Anggini ranting 05 Pusdiklathanudnas Surabaya dari Ny Palito Sitorus kepada Ny Akhmad Toha yang dipimpin Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS V -Kohanudnas Ny. Lia Hadiyan Sumintaatmadja bertempat di Gedung . Leo Watimena Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkohanudnas Lantik Pangkosekhanudnas III Dan Danpusdiklathanudnas