Berita

PANGKOOPSAU I BUKA “BHAKTI TNI TERPADU 2007”

Dibaca: 5 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Di Perbatasan Kalbar-Serawak;

PANGKOOPSAU I BUKA “BHAKTI TNI TERPADU 2007”

 

Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda TNI Erry Biatmoko membuka “Bhakti TNI Terpadu 2007” di Dusun Aruk Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Senin (19/11) dalam suatu upacara yang dilaksanakan persis di pintu gerbang perbatasan dengan Serawak, Malaysia.

 

Sebelum memimpin upacara, Pangkoopsau I menerima penghormatan secara adat Dayak berupa pengalungan bunga serta pemakaian sarung oleh kelompok tari gadis-gadis suku Dayak. Setelah itu Pangkoopsau I melakukan pemotongan bambu dengan mandau atau golok khas Dayak, dan sekali tebas bambu itupun putus seketika.

 

Dalam sambutannya Marsda TNI Erry Biatmoko mengatakan, tujuan dari kegiatan “Bhakti TNI Terpadu 2007” adalah untuk mewujudkan ketahanan nasional dan kemampuan penangkalan terhadap setiap ancaman, gangguan, serta provokasi yang mungkin timbul dalam kehidupan masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat.

 

“Kita mencermati bahwa terdapat kepentingan asing yang menyebabkan kurang stabilnya sejumlah kawasan di Kalimantan Barat ini dan salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah Kabupaten Sambas, yang berbatasan langsung dengan negara tetangga,” ujar Erry yang mantan Gubernur Akademi TNI AU itu.

Baca juga:  Kuker Wapres RI Jusuf Kalla Ke Makassar

 

Untuk itu sasaran kegiatan yang dilaksanakan oleh para prajurit gabungan dari TNI AU, AD dan AL ini adalah pemberdayaan wilayah pertahanan melalui Bhakti TNI Terpadu sebagai kegiatan pokok, yang terdiri atas sasaran fisik dan nonfisik.

 

Sasaran fisik yang diarahkan oleh Mabes TNI, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi yaitu jalan sepanjang 2.000 meter dan jembatan dua buah. Kemudian sarana ibadah masjid dan gereja, sarana olahraga berupa lapangan bola volley satu buah, satu lapangan bola dan sarana MCK tiga buah, Pos Kamling tiga buah, serta pembuatan satu unit Helly Pad dan perbaikan dua unit Helly Pad.

 

Sedangkan pembangunan dengan sasaran nonfisik antara lain penyuluhan pembinaan mental ideologi, penyuluhan pelatihan kepramukaan, penyuluhan pelatihan olahraga dan kesenian, penyuluhan pelatihan bimbingan kesadaran hukum dan HAM, penyuluhan pelatihan teknis peternakan dan kehutanan, serta penyuluhan dan bimbingan teknis pertukangan.

 

Selain itu juga diberikan penyuluhan kesehatan dan kebersihan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berpola hidup sehat, serta pemutaran film tentang bahaya HIV/AIDS. Adapun dari aspek bela negara, juga akan diberikan penyuluhan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, kemanunggalan TNI – Rakyat, serta penyuluhan kesadaran hukum.

Baca juga:  SATPOMAU LANUD HALIM PERDANAKUSUMA GELAR SWEEPING KENDARAAN BERMOTOR

 

Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan penuh, dan pada upacara pembukaan tampak hadir Bupati Kabupaten Sambas Burhanuddin, Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Abdul Muis, para pejabat sipil, TNI dan Polri. Para tetua adat suku Dayak serta masyarakat dan murid sekolah juga tampak mengikuti jalannya upacara dengan antusias.***Pen Koopsau I

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel