TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkoopsau I Buka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” 2015

By 28 Apr 2015Berita
emb-314

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI A. Dwi Putranto membuka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” 2015, di Gedung Serbaguna Makoopsau I, Jakarta. Senin (27/4). Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan oleh Pangkoopsau I kepada perwakilan Kolat (Komando Latihan) dan Pelaku.

Hadir pada upacara pembukaan, Kaskoopsau I Marsma TNI Agus Munandar, S.E para Asisten dan Pejabat Makoopsau I. Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” 2015 diikuti 56 peserta latihan dan 128 pendukung latihan. Direncanakan latihan akan dilaksanakan dari tanggal 28 hingga 30 April 2015 mendatang di Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat.

Dalam sambutannya Pangkoopsau I menjelaskan Latihan Survival Tempur Madhi Yudha dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan fisik serta mental awak pesawat, agar mampu bertahan hidup dan menjaga kerahasiaan dalam melaksanakan tugas operasi udara di daerah musuh, sebelum datangnya pertolongan.

Melalui latihan survival tempur, lanjut Pangkoopsau I diharapkan dapat meningkatkan kemampuan awak pesawat untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keadaan keterbatasan untuk hidup di darat maupun di laut.

Dalam Latihan ini para peserta akan melaksanakan empat tahapan latihan yaitu tahap survival atau tahap survive, tahap evasion yaitu tahap untuk menghindari pengamatan/penangkapan musuh, tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau disebut escape.

”Empat tahap yaitu survive, evasion, resistance dan escape dikenal dengan istilah sere, ” jelas Pangkoopsau I.

Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” 2015 melibatkan unsur satuan di jajaran Koopsau I seperti penerbang dan crew dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Skadron Udara 2 Lanud Halim PK, Skadron 17 Lanud Halim PK, Skadron Udara 31 Lanud Halim PK, Skadron Udara 45 Lanud Halim PK, Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Skadron Udara 7 Lanud Suryadharma dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkoopsau I Buka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” 2015