Berita

Pangkoopsau I Resmikan Perubahan Nama Lanud Singkawang II

Oleh 22 Des 2016 Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Upacara peresmian Pergantian Nama Lanud Singkawang II menjadi Lanud Harry Hadisoemantri oleh Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna. S.E, M.M Bertempat di Lapangan Upacara Makoopsau I. Kamis, (15/12).

Lanud Harry Hadisoemantri yang berada di Kalimantan Barat tepatnya di Kota Bengkayang adalah merupakan salah satu Pangkalan TNI Angkatan Udara yang berada di bawah Jajaran Koopsau I, yang saat ini dipimpin oleh Letkol Pnb Sumantri Hidayat.

Menurut Pangkoopsau I dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa pergantian nama Lanud Singkawang II menjadi Lanud Harry Hadisoemantri, sudah melalui mekanisme koordinasi yang sangat baik antara pihak TNI Angkatan Udara dengan pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta ahli waris, untuk mengabadikan nama lanud singkawang ii dengan nama tokoh perintis TNI Angkatan Udara yang berjasa dalam penerjunan pertama di Kotawaringin Kalimantan Barat. Tambahnya pula, pemilihan nama Harry Hadisoemantri menjadi nama Pangkalan Udara Singkawang II berdasarkan berbagai pertimbangan, khususnya adanya keinginan dari masyarakat dan pemerintah daerah serta warga lanud untuk mengabadikan nama Harry Hadisoemantri sebagai pengganti nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Singkawang II.

Menurut sejarah, Harry Hadisoemantri Dengan Pangkat Terakhir Kapten Udara (Anumerta), adalah seorang ahli Montir Radio Telegrafis Angkatan Udara, yang berjasa dalam membangun Jaringan Komunikasi Di Kalimantan. Bersama Pasukan Payung saat itu, Beliau melakukan penerjunan udara pertama guna membuka jaringan komunikasi antara Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Namun, Perjuangan yang gagah berani dari Kapten Udara Harry Hadisoemantri untuk membuka jaringan komunikasi tidak dapat dilanjutkan, dikarenakan tertembak oleh musuh dan gugur di Medan Perang. Oleh karenanya patut kiranya nama Harry Hadisoemantri diabadikan menjadi nama lanud.

Diakhir acara juga dilakukan acara tambahan, yaitu penandatangan Berita Acara, Prasasti dan Pembacaan Pernyataan kesediaan oleh Ahli Waris yang dibacakan oleh Keluarga Ahli Waris, Bapak Setiawan Basuki. Selanjutnya acara diakhiri dengan foto bersama yang dihadiri oleh Keluarga Besar Ahli Waris, Ibu Hastoeti Basuki (Adik Kadung) beserta 8 orang keluarga, Pangkoopsau I, Kepala Staf Koopsau I, Marsekal Pertama TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Komandan Lanud Atang Sendjaya, Komandan Lanud Suryadharma, Komandan Lanud Harry Hadisoemantri, Para Pejabat Makoopsau I.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel